TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TENTANG PENGELOLAAN DANA DESA PAOH BENUA KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG TAHUN 2021

Erwin Sunanda, NIM.: 17103070008 (2023) TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TENTANG PENGELOLAAN DANA DESA PAOH BENUA KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TENTANG PENGELOLAAN DANA DESA PAOH BENUA KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG TAHUN 2021)
17103070008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TENTANG PENGELOLAAN DANA DESA PAOH BENUA KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG TAHUN 2021)
17103070008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penelitian yang membahas tentang pengelolaan dana desa di Kabupaten Sintang. Penelitian tentang pengelolaan dana desa memiliki tujuan untuk memacu hadirnya transparansi dana desa di Kabupaten Sintang secara umum dan Desa Paoh Benua secara khusus. Dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) rumusan masalah yang diambil, yaitu bagaimana efektifitas pengelolaan dana Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang dan bagaimana maslahah mursalah meninjau pengelolaan dana Desa Paoh Benua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan Dana Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang dan tinjauan maslahah mursalah terhadap pengelolaan Dana Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research, lokasi pada penelitian ini adalah Kantor Desa Paoh Benua dalam penelitian ini dan sample yang digunakan total sampling. dan mengunakan analisa kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, dan interview. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder yang kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif kuualitatatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya pengeloaan dana desa sudah berjalan dengan baik karena setiap tahap dalam dana melibatkan masyarakat dalam bidang pembangunan agar berjalan dengan baik, namun program pemberdayaan masih sedikit. Sehingga, kebijakan dana Desa Paoh Benua, bilamana diukur dengan efektifitas hukum kebijakannya telah efektif walaupun belum sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan bila diukur dengan maslahah mursalah pengelolaan ini telah sesuai dengan konsep maslahah mursalah, yang bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat karena kebijakan pengelolaan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Poah Benua telah memihak kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Drs. M. Rizal Qosim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Pengelolaan Dana Desa, Maslahah Mursalah
Subjects: Pembangunan Desa
Hukum Tata Negara
Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Jun 2023 11:08
Last Modified: 07 Jun 2023 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum