PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN JEMAAH UMRAH DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS AMANA TOUR DAN TRAVEL TAHUN 2022)

Muhammad Ali Mas’ud, NIM.: 18102040074 (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN JEMAAH UMRAH DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS AMANA TOUR DAN TRAVEL TAHUN 2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN JEMAAH UMRAH DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS AMANA TOUR DAN TRAVEL TAHUN 2022))
18102040074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN JEMAAH UMRAH DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS AMANA TOUR DAN TRAVEL TAHUN 2022))
18102040074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan menjadi salah satu strategi yang bisa menarik jemaah umrah. Amana Tour dan Travel merupakan travel umrah yang berdiri sejak tahun 2005. Travel tersebut telah memberangkatkan banyak jemaah dan jemaah merasa nyaman dari pelayanan yang diberikan, sehingga menarik untuk diteliti tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Jemaah Umrah (Studi Kasus Amana Tour dan Travel tahun 2022). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan kepada jemaah umrah oleh Amana Tour dan Travel pada tahun 2022 dan tingkat kepuasan jemaah umrah Amana Tour dan Travel pada tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Populasi berjumlah 42, berhubung populasi yang ada tidak sampai 100 jemaah, maka populasi diambil semua yaitu 42 jemaah dan dijadikan sebagai sampel. Variabel X penelitian yaitu kualitas pelyanan dengan indikator bukti fisik (tangiable), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsivenes), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Sedangkan variabel Y penelitian yaitu tingkat kepuasan jemaah dengan indikator kualitas produk layanan, kualitas pelayanan, emosional, harga bimbingan dan biaya yang dikeluarkan jemaah. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan di Amana Tour dan Travel Yogyakarta tahun 2022 amat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 68,83 pada interval 58-76 dan kepuasan jemaah juga termasuk dalam kategori amat baik dangan nilai rata-rata sebesar 52,60 pada interval 46-60. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan jemaah umrah dengan nilai t hitung < t tabel (1,169 < 1,682). R Square 3,3% dan sisanya 96,7 dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, variabel lainnya lebih dominan sehingga menarik untuk diteliti oleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan; tingkat kepuasan jemaah; travel umrah
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jun 2023 11:03
Last Modified: 15 Jun 2023 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum