MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH HAJI PASCA HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAHMAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2022

Nur Lailatus Saputri, NIM.: 19102040009 (2023) MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH HAJI PASCA HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAHMAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH HAJI PASCA HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAHMAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2022)
19102040009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBINAAN JEMAAH HAJI PASCA HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAHMAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2022)
19102040009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini berfokus pada Manajemen Pembinaan Jemaah Haji Pasca Haji oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Ar-Rahmah Kabupaten Sleman Tahun 2022. Latar belakang dari pada penelitian berawal dari paradigma masyarakat Indonesia sangat kuat memandang bahwa orang yang sudah berhaji memiliki akhlak yang baik, dekat dengan Allah, dan layak dijadikan panutan. Namun, seiring bertambahnya orang yang ingin haji, kriminalitas di masyarakat juga semakin bertambah. KBIHU Ar-Rahmah salah satu KBIHU di Yogyakarta yang memiliki keunikan dalam pembinaan pasca hajinya. Keunikan yang dimiliki yaitu dengan melakukan kegiatan bakti sosial yang diadakan setiap tahunnya seperti menyalurkan air minum yang bersih di Kabupaten Gungkidul dan membantu penyaluran dana kepada mayarakat yang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembinaan jemaah haji pasca haji oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Ar-Rahmah Kabupaten Sleman pada Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang di dapatkan merupakan data yang sudah valid dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian dan, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitain ini menunjukkan bahwa manajemen pembinaan jemaah haji pasca haji yang dilakukan oleh KBIHU Ar-Rahmah sudah baik, dari perencanaan yang telah dibuat, pengorganasisian yang sudah disusun, penggerakan serta pengawasannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen; Haji; KBIHU Ar-Rahmah
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jun 2023 10:45
Last Modified: 15 Jun 2023 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum