PELATIHAN BAHASA ISYARAT PADA RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2022

Muhammad Azhari, NIM.: 19102040029 (2023) PELATIHAN BAHASA ISYARAT PADA RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELATIHAN BAHASA ISYARAT PADA RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2022)
19102040029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELATIHAN BAHASA ISYARAT PADA RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2022)
19102040029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelatihan Bahasa Isyarat pada relawan Pusat Layanan Difabel (PLD) di Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga tahun 2022, skripsi jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Fasilitas dan pelayanan yang belum memadai bagi disabilitas di perguruan tinggi merupakan salah satu bentuk tidak terpenuhinya hak disabilitas yang tertuang dalam Undang-undang No. 8 tahun 2016 tentang disabilitas. UIN Sunan Kalijaga sebagai kampus inklusi memberikan pelayanan melalui penyediaan Pusat Layanan Difabel bagi mahasiswa difabel UIN Sunan Kalijaga. Pentingnya peran relawan dalam memberikan pelayanan pada mahasiswa difabel menjadi faktor dilaksanakannya pelatihan bahasa isyarat di PLD. Akan tetapi pada pelaksanaan pelatihan terdapat hambatan dari peserta dan instruktur pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan bahasa isyarat pada relawan pusat layanan difabel UIN Sunan Kalijaga tahun 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun proses analisis data dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan dengan uji keabsahan data kredibilitas (trianggulasi dan member check), transferabilitas, dependibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitan yaitu pelatihan bahasa isyarat pada relawan PLD tahun 2022 sudah terlaksana dengan baik. Pada pelaksanaan pelatihan terdapat beberapa tahapan yang dilalui yaitu, kebutuhan pelatihan dengan melihat permasalahan yang ada di PLD melalui analisis organisasi dan analisis pekerjaan. Perancangan pelatihan yaitu kesiapan peserta, instruktur dan materi pelatihan dirancang berdasarkan kebutuhan pelatihan. Pelaksanaan pelatihan menggunakan jenis bahasa isyarat Bisindo yang diajarkan pada tingkat dasar dan intensif dengan menggunakan metode on the job training berupa bimbingan dengan praktik atau dicontohkan oleh instruktur. Terakhir yaitu penilaian pelatihan yang dilakukan secara tidak terstruktur, hanya dilakukan dengan melihat dan mengamati perkembangan kemampuan relawan setelah mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S. Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: pelatihan; bahasa isyarat; relawan; Pusat Layanan Difabel
Subjects: Manajemen Dakwah
DISABILITAS
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jun 2023 10:04
Last Modified: 15 Jun 2023 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum