EKSPRESI PENGALAMAN KEAGAMAAN SISWA DIFABEL DI SLB PAMARDI PUTRA BANTUL YOGYAKARTA

Puji Lestari, NIM.: 19105020022 (2023) EKSPRESI PENGALAMAN KEAGAMAAN SISWA DIFABEL DI SLB PAMARDI PUTRA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPRESI PENGALAMAN KEAGAMAAN SISWA DIFABEL DI SLB PAMARDI PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
19105020022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EKSPRESI PENGALAMAN KEAGAMAAN SISWA DIFABEL DI SLB PAMARDI PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
19105020022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan yang berbeda membawa hambatan-hambatan pada kehidupan difabel terutama dalam hal keagamaan. Walaupun kemampuan yang berbeda dapat diatasi dengan alat bantu untuk menjalani aktivitas keagamaan, akan tetapi hal ini bisa membuktikan apakah mereka religius (total) dalam menjalankan agamanya. Hal ini yang kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian lebih dalam terkait keberagaman mereka, apakah dengan keterbatasan yang mereka miliki dapat menghambat mereka dalam urusan keberagamaan. Oleh karena itu, penelitian ini mengenai “Ekspresi Keagamaan Siswa Difabel di SLB Pamardi Putra Bantul Yogyakarta” bertujuan untuk melihat, mendeskripsikan dan menganalisis tentang ekspresi keberagamaan anak siswa difabel walaupun mereka memiliki kelainan fisik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan penelitian ilmu perbandingan agama. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data selesai, dilakukan tahapan-tahapan analisis data, yakni menelaah seluruh data, reduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan analisis data dengan mengadakan pemeriksaan keabsahan data untuk menganalisis data menggunakan teori bentuk ekspresi keagamaan Joachim Wach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi siswa difabel dalam bentuk pemikiran menunjukkan bahwa tidak ada satupun siswa yang memiliki pendapat negatif terhadap ketuhanan, walaupun mereka memiliki keterbatasan dalam hal pemahaman tentang Tuhan. Ekspresi keagamaan siswa difabel dalam bentuk perbuatan menunjukkan bahwa peribadatan siswa umumnya didasari euforia serta belum tumbuhnya kedewasaan beragama dan didasari oleh dasar penerimaan, dasar kewajiban atau dasar beragama, dan dasar tuntutan atau keterpaksaan. Tetapi seluruh siswa sudah memahami peribadatan yang mereka lakukan sehari-hari. Sedangkan ekspresi keagamaan siswa difabel dalam bentuk persekutuan yaitu seluruh siswa merasa senang saat melakukan peribadatan bersama-sama, walaupun sebagian siswa beragama non Muslim tetapi tidak ada timbul rasa fanatik justru mereka saling bertoleransi satu sama lain. Terdapat juga sebagian siswa yang beragama non Muslim ketika di rumah dikenalkan oleh orang tua nya dengan komunitas keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rahmat Fajri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ekspresi Keagamaan, Difabel, Pemikiran Keagamaan
Subjects: DISABILITAS
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Jun 2023 11:43
Last Modified: 15 Jun 2023 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum