RESEPSI AL-QUR’AN DALAM SENI KALIGRAFI DI PONDOK PESANTREN YAYASAN NURUL AMAL KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

Sopian Kamil Muttaqin, NIM.: 19105030012 (2023) RESEPSI AL-QUR’AN DALAM SENI KALIGRAFI DI PONDOK PESANTREN YAYASAN NURUL AMAL KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI AL-QUR’AN DALAM SENI KALIGRAFI DI PONDOK PESANTREN YAYASAN NURUL AMAL KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR)
19105030012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI AL-QUR’AN DALAM SENI KALIGRAFI DI PONDOK PESANTREN YAYASAN NURUL AMAL KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR)
19105030012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam yang menjadi rujukan hukum bagi setiap muslim. Selama ini setiap individu memahaminya hanya dengan membaca dari kandungannya saja. Ternyata ada juga yang memahami al-Qur’an dari nilai-nilai seni yang dikandungnya. Sehingga ada reaksi bagi seseorang seniman kaligrafi untuk meresepsi al-Qur’an ke dalam bentuk karya lukisnya. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk ragam resepsi al-Qur’an dalam bentuk seni kaligrafi menjadi suatu sistem pembelajaran dan bagaimana proses produksi kaligrafi di Pondok Pesantren Yayasan Nurul Amal Kramat Jati, Jakarta Timur. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan deskriptif untuk menggambarkan fenomena resepsi al-Qur’an dalam seni kaligrafi di Nurul Amal dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang akan dijadikan dalam tulisan ini dimulai dengan mengumpulkan data selama berada di lapangan, mereduksi data dengan mencatat yang relevan dengan fokus penelitian, menyajikan data dalam bentuk narasi, dan mengolah data yang telah diperoleh. Adapun teori yang digunakan adalah teori konstruksi dan reproduksi kebudayaan Irwan Abdullah, bahwa proses reproduksi kebudayaan merukapan suatu proses yang aktif menegaskan eksistensi sebuah kebudayaan dalam kehidupan, hal ini menjadikan kelompok pendatang yang memiliki latar belakang berbeda wajib beradaptasi dengan kebudayaan yang ada. Hasil dari penelitian ini disimpulkan ada empat bentuk resepsi atas kaligrafi yaitu dengan adanya Kajian Kaligrafi Nurul Amal, Pelatihan Sentra Kaligrafi, Pawai Kaligrafi, dan Ujian Akhir Kaligrafi. Dan nalar resepsi al-Qur’an dalam seni kaligrafi adalah untuk memajukan dakwah tulisan di zaman modern, memanfaatkan potensi seni santri, dan sebagai pembuka pintu rezeki, serta menigkatkan ketawakaan kepada Allah SWT yang demikian juga merupakan dampak yang akan dirasakan oleh santri Nurul Amal. Jika calon kaligrafer akhlaknya tidak sesuai dengan ayat yang dilukisnya maka ia berada di jalan yang salah. Lalu dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar adalah dapat mengobati mata dengan goresan kalam yang indah. Kemudian ada dua jenis produk kaligrafi yang dihasilkan yaitu kontemporer dan dekorasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Yaser Arafat, M.A
Uncontrolled Keywords: Resepsi Al-Qur’an, Seni Kaligrafi, Proses Produksi
Subjects: Kaligrafi
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Jun 2023 13:55
Last Modified: 15 Jun 2023 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum