PEMBERDAYAAN MUSTAHIK DALAM PROGRAM ZCD BAZNAS DI DESA SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL (STUDI KASUS KELOMPOK RUMAH JAHIT SRIMPY)

Ainaya Gustin Arrifah Chafsoh, NIM.: 19102030025 (2023) PEMBERDAYAAN MUSTAHIK DALAM PROGRAM ZCD BAZNAS DI DESA SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL (STUDI KASUS KELOMPOK RUMAH JAHIT SRIMPY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MUSTAHIK DALAM PROGRAM ZCD BAZNAS DI DESA SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL (STUDI KASUS KELOMPOK RUMAH JAHIT SRIMPY))
19102030025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MUSTAHIK DALAM PROGRAM ZCD BAZNAS DI DESA SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL (STUDI KASUS KELOMPOK RUMAH JAHIT SRIMPY))
19102030025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak pemberdayaan mustahik melalui keterampilan menjahit pada kelompok rumah jahit SRIMPY. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis interaktif. Hasil dari penelitan ini menunjukkan adanya proses pemberdayaan mustahik yang dilakukan oleh ZCD BAZNAS yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Proses pemungkinan menciptakan program melalui kerja sama dengan lembaga lokal. Proses penguatan mengupayakan pembekalan pengetahuan melalui sosialisasi dan pelatihan menjahit, memberikan modal usaha, serta kerjasama dengan pihak luar. Pada proses perlindungan mengupayakan struktur organisasi dan legalitas usaha kelompok serta anggota. Proses selanjutnya yaitu penyokongan, pada proses ini fasilitator memonitoring kegiatan dan memberikan motivasi. Proses terakhir pemeliharaan, yaitu mengupayakan pertemuan rutin dan pengaktifan groub whatsapp. Hasil penelitian menemukan adanya beberapa dampak pemberdayaan, yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif yaitu meningkatkan pendapatan mustahik, keterampilan mustahik, motivasi bekerja, dan pengalaman ber usaha. Sedangkan dampak negatifnya yaitu waktu yang tidak terikat dapat mempengaruhi anggota lain dan kecemburuan sosial non anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Abu Suhud, M.Pd
Uncontrolled Keywords: dampak; pemberdayaan; mustahik; keterampilan jahit
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jun 2023 10:41
Last Modified: 16 Jun 2023 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum