NILAI-NILAI AGAMA DALAM ETOS KERJA PETANI SASAK (STUDI TERHADAP KEHIDUPAN PETANI SASAK DI DESA WAKAN, KECAMATAN JEROWARU, KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Sukron Azhari, NIM.: 21205021004 (2023) NILAI-NILAI AGAMA DALAM ETOS KERJA PETANI SASAK (STUDI TERHADAP KEHIDUPAN PETANI SASAK DI DESA WAKAN, KECAMATAN JEROWARU, KABUPATEN LOMBOK TIMUR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI AGAMA DALAM ETOS KERJA PETANI SASAK (STUDI TERHADAP KEHIDUPAN PETANI SASAK DI DESA WAKAN, KECAMATAN JEROWARU, KABUPATEN LOMBOK TIMUR))
21205021004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI AGAMA DALAM ETOS KERJA PETANI SASAK (STUDI TERHADAP KEHIDUPAN PETANI SASAK DI DESA WAKAN, KECAMATAN JEROWARU, KABUPATEN LOMBOK TIMUR))
21205021004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pertanian merupakan pekerjaan yang selalu digeluti petani sasak di Desa Wakan, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur dalam memenuhi kebutuhan ekonomi diri dan keluarganya. Dalam melalukan pekerjaan disektor pertanian juga terkadang mengalami resiko atau masalah yang dihadapi seperti gagal panen, dan harga jual rendah, akan tetapi petani sasak hanya menanggapinya dengan sikap tawakkal kepada Allah serta selalu mendepankan prinsif rizki sudah diatur sama Tuhan. Dengan kondisi petani sasak tersebut, menjadi faktor utama dalam melihat hubungan agama dan ekonomi terhadap kehidupan petani sasak di Desa Wakan. Dengan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan dua bentuk rumusan masalah yakni: sejauh mana nilai-nilai agama berkolerasi terhadap etos kerja petani sasak, dan bagaimana pengaruh etos kerja dalam mewujudkan kemakmuran kesejahteraan ekonomi petani sasak di Desa Wakan. Maka untuk teori yang digunakan dalam mengkaji fenomena ini dengan menggunakan teorinya Max Weber tentang Etika Protestan dan Spirit Kapitalisme, serta menggunakan teorinya James Scoot tentang Mekanisme Survival Of The Fittes. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif, dengan memperoleh data penelitian melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Serta analisis data dengan cara menguraikan dan memberi arti sesuai dengan data lapangan setelah itu dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan etos kerja petani sasak dalam melakukan pekerjaan disektor pertanian dipengaruhi oleh nilai-nilai agama Islam. Dengan demikian penulis akan menyimpulkan hasil penelitian mengenai etos kerja petani sasak yang dipengaruhi oleh agama, dan etos kerja yang dimiliki menjadi pendorong dalam mecapai kebutuhan hidup dari tahun ke tahunnya. Pertama, etos kerja petani sasak dimunculkan oleh doktrin agama melalui tuanguru, ustad, sehingga menjadi pendorong untuk selalu dalam melakukan pekerjaan disektor pertanian. Disamping itu petani sasak juga selalu menerapkan nilai-nilai agama seperti sabar, rajin, disiplin, dan sifat zuhud, terutama dalam mencapai pemenuhan kebutuhan hidup untuk menuju kemakmuran ekonomi. Namun etos kerja petani sasak yang dipengaruhi oleh agama Islam ternyata tidak mampu memberikan kemakmuran ekonomi atas hasil pertanian yang dikerjakan, kondisi itu dilatarbelakangi dengan adanya faktor sosial budaya dan pendidikan. Menyebabkan petani sasak selalu dalam menerapkan strategi bertahan hidup dari tahun ke tahunya. Kedua, strategi bertahan hidup yang diterapkan petani sasak seperti, (1) strategi mengalokasikan kebutuhan keseharian, (2) strategi alokasi produktivitas diri petani sasak, (3) strategi alokasi hubungan sosial kemasyarakatan. Dari ketiga strategi bertahan hidup tersebut, merupakan sebuah siklus kehidupan petani sasak yang selalu dilakukannya terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup akan ekonomi dari tahun ke tahunnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Masroer, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Agama, Etos Kerja, Petani Sasak
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jun 2023 10:55
Last Modified: 16 Jun 2023 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum