REGULASI EMOSI IBU SAAT PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Wahid, S.Pd, NIM.: 19200010096 (2022) REGULASI EMOSI IBU SAAT PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REGULASI EMOSI IBU SAAT PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19)
19200010096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REGULASI EMOSI IBU SAAT PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19)
19200010096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk beradaptasi dan menyesuaikan banyak hal, baik dalam metode mengajar, metode pemberian tugas, sampai pada pelibatan orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Pada ibu yang juga bekerja, situasi ini menyebabkan bertambahnya peran ibu, yang bukan hanya sebagai istri, namun juga sebagai pengganti guru selama proses pembelajaran daring dilaksanakan. Munculnya berbagai macam konflik peran ini menimbulkan berbagai macam respon emosi, sehingga kemampuan regulasi emosi menjadi sangat penting dalam mencapai keberhasilan saat melakukan study from home. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi ibu saat pendampingan belajar dan regulasi emosi pada ibu yang mendampingi anak menjalani pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang bertujuan untuk menjelaskan dan memahami perspektif individu terhadap sesuatu. Jumlah dalam penelitian ini sebanyak lima informan yang memiliki anak rentan usia 7 sampai 10 tahun dan sedang menjalani pembelajaran daring yang dimana menurut peneliti, anak dengan usia tersebut membutuhkan pendampingan belajar saat study from home. Pengambilan data penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara garis besar problematika yang dialami ibu saat melakukan pendampingan belajar terdapat pada kurangnya pemahaman orang tua mengenai materi pelajaran anaknya, manajemen waktu, dan kurangnya motivasi belajar anak serta begitu mahalnya pembelajaran daring. 2) Empat aspek regulasi emosi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ada pada masing-masing informan yakni individual differences, dan kognitif dan faktor lain seperti stressor dan kondisi ekonomi keluarga. Sedangkan strategi regulasi emosi yang digunakan oleh informan dalam penelitian ini terdapat tiga strategi yaitu memahami situasi anak, relaksasi dan diskusi. 3) Implikasi religiusitas terhadap regulasi emosi dapat dilihat dari indikator kepedulian dan tanggung jawab atas kewajiban seorang ibu pada pendidikan anak dirumah serta optimis dan sabar dalam menghadapi masalah pada proses pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, SS. M.A.
Uncontrolled Keywords: orangtua; religiusitas; pembelajaran daring; Pandemi Covid-19; situasi anak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jun 2023 11:58
Last Modified: 21 Jun 2023 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum