ANALISIS TERHADAP UPAYA PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBANTU DAN MENGATASI PERMASALAHAN LANSIA (Studi di UPTD PSLU Tresna Werdha Natar Lampung Selatan)

Tri Diyah Lestari, NIM.: 20200012051 (2023) ANALISIS TERHADAP UPAYA PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBANTU DAN MENGATASI PERMASALAHAN LANSIA (Studi di UPTD PSLU Tresna Werdha Natar Lampung Selatan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TERHADAP UPAYA PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBANTU DAN MENGATASI PERMASALAHAN LANSIA (STUDI DI UPTD PSLU TRESNA WERDHA NATAR LAMPUNG SELATAN))
20200012051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TERHADAP UPAYA PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBANTU DAN MENGATASI PERMASALAHAN LANSIA (STUDI DI UPTD PSLU TRESNA WERDHA NATAR LAMPUNG SELATAN))
20200012051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bertambahnya usia dapat menjadi masalah besar bagi individu apabila mereka tidak dapat menjalani tugas perkembangan dengan baik. Hal ini akan menimbulkan berbagai macam permasalahan terkait kesehatan, ekonomi, maupun sosial, padahal kebahagiaan adalah dambaan setiap insan dalam menjalani kehidupan. Upaya untuk mensejahterakan lansia membutuhkan campur tangan dari pekerja sosial untuk membantu dan mengatasi permasalahan lansia. Pekerja sosial di sini menjadi tim terpenting akan tujuan yang sudah direncanakan dan ingin dicapai oleh UPTD PSLU Tresna Werdha Natar Lampung Selatan. Penelitian ini memiliki tiga rumusan. Pertama, apasajakah permasalahan lansia yang tinggal di UPTD PSLU Tresna Werdha Natar. Kedua, bagaimana upaya yang dilakukan pekerja sosial dalam membantu dan mengatasi permasalahan lansia di UPTD PSLU Tresna Werdha Natar. Ketiga, adakah kesesuaian antara kebutuhan lansia dengan upaya yang dilakukan pekerja sosial di UPTD PSLU Tresna Werdha Natar Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini yaitu 19 orang yang terdiri dari lansia, kepala panti, pekerja sosial, penanggung jawab wisma, psikolog, perawat, pembimbing agama. Data dihimpun dari hasil wawancara mengenai permasalahan lansia dan upaya yang dilakukan pekerja sosial, observasi mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di panti serta keseharian dari warga binaan sosial dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang diungkapkan Spredley dengan diawali penjajakan, mencari informan, menetapkan fokus, memeriksa keabsahan data dengan triangulasi untuk kemudian ditulis dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) permasalahan lansia di UPTD PSLU Tresna Werdha Natar diklasifikasikan menjadi permasalahan kesehatan, psikologis, keberagamaan, sosial dan ekonomi; (2) upaya pekerja sosial dalam membantu dan mengatasi permasalahan lansia di UPTD PSLU Tresna Werdha Natar terbentuk ke dalam 2 (dua) kegiatan, yaitu kegiatan langsung dan kegiatan tidak langsung; (3) upaya pekerja sosial dalam membantu dan mengatasi permasalahan lansia belum sesuai dengan kebutuhan dari tiap-tiap permasalahan yang dialami lansia dikarenakan terbatasnya anggaran pemerintah, sarana dan prasarana yang kurang memadai, sumber daya manusia (SDM) yang kurang mendukung. Namun integritas yang dimiliki petugas menjadi pendukung sehingga tidak terlalu berpengaruh dalam memberikan bantuan dan mengatasi permasalahan lansia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Nurjannah, M. Si
Uncontrolled Keywords: upaya pekerja sosial; permasalahan lansia; kebutuhan lansia
Subjects: Pekerjaan Sosial
Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Jun 2023 14:40
Last Modified: 22 Jun 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum