PENGARUH MENONTON FILM KARTUN SYAMIL DAN DODO TERHADAP SIKAP JUJUR ANAK TPQ AL-ISHLAH JOMBOR TUNTANG SEMARANG JAWA TENGAH

Chusnus Sufi, NIM.: 16210054 (2023) PENGARUH MENONTON FILM KARTUN SYAMIL DAN DODO TERHADAP SIKAP JUJUR ANAK TPQ AL-ISHLAH JOMBOR TUNTANG SEMARANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON FILM KARTUN SYAMIL DAN DODO TERHADAP SIKAP JUJUR ANAK TPQ AL-ISHLAH JOMBOR TUNTANG SEMARANG JAWA TENGAH)
16210054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON FILM KARTUN SYAMIL DAN DODO TERHADAP SIKAP JUJUR ANAK TPQ AL-ISHLAH JOMBOR TUNTANG SEMARANG JAWA TENGAH)
16210054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Film animasi kartun merupakan media massa yang mampu menayangkan sebuah realitas keagamaan dalam bentuk tayangan anak yang menghibur. Selain berfungsi sebagai hiburan, film kartun juga sebagai instrumen penyampai pesan dakwah melalui konten, episode atau tema religi. Salah satu film kartun yang berisi pesan dakwah adalah film kartun Syamil dan Dodo episode “Jujur” yang terdapat di kanal Youtube maupun stasiun RTV. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film kartun tersebut terhadap sikap jujur anak TPQ al-Ishlah Jombor Tuntang Semarang Jawa Tengah. Riset ini merupakan penelitian eksperimen model one group pre-test post-test dengan pendekatan kuantitatif. Community research yang digunakan adalah anak TPQ al-Ishlah berjumlah 53 anak. Menggunakan Teori S-O-R dan efek pesan media. Analisis data menggunakan paired samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian uji paired sampel t test diperoleh nilai t hitung > t tabel. Dengan t tabel untuk df 52 hasilnya adalah 2.003 sehingga 6.821 > 2.003, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil pre-test dan post-test tidak sama. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat berbedaan rata-rata hasil sebelum dan sesudah diberi perlakuan, sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pembuktian hipotesis dengan perbandingan nilai t hitung dengan t tabel diatas diperkuat dengan nilai signifikansi yang diperoleh yakni 0.000 < 0.05. Nilai tersebut juga membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil antara pretest dan post-test, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai t hitung yang bernilai negatif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil post-test dibandingkan rata-rata hasil pre-test. Besarnya kenaikan dapat dilihat dari nilai mean yaitu sebesar 19.472 dari nilai rata-rata awal sebesar 29.87 kemudian naik menjadi 49.34. Hasil perbedaan yang tidak terlalu signifikan disebabkan oleh faktor pengaruh keluarga, lingkungan dan pengalaman pribadi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mukhammad Sahlan, M.Si
Uncontrolled Keywords: pengaruh menonton; pesan dakwah; Analisis S-O-R
Subjects: Media massa > Film
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Jun 2023 15:37
Last Modified: 22 Jun 2023 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum