SINATRIA FARM : STRATEGI IMPLEMENTASI PETERNAKAN TERINTEGRASI DALAM PEMBERDAYAAN PETERNAK DOMBA DUSUN BLEMBEM KIDUL

Muhamad Nasib, NIM.: 17102030034 (2023) SINATRIA FARM : STRATEGI IMPLEMENTASI PETERNAKAN TERINTEGRASI DALAM PEMBERDAYAAN PETERNAK DOMBA DUSUN BLEMBEM KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINATRIA FARM : STRATEGI IMPLEMENTASI PETERNAKAN TERINTEGRASI DALAM PEMBERDAYAAN PETERNAK DOMBA DUSUN BLEMBEM KIDUL)
17102030034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SINATRIA FARM : STRATEGI IMPLEMENTASI PETERNAKAN TERINTEGRASI DALAM PEMBERDAYAAN PETERNAK DOMBA DUSUN BLEMBEM KIDUL)
17102030034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang cukup hangat dan lembab. Ketersediaan lahan yang cukup luas dan produksi hijauan menjadi tempat yang cocok untuk pengembangan hewan ternak. Ternak domba merupakan hewan ternak yang digemari oleh masyarkat Indonesia. Peternakan terintegrasi adalah sebuah sistem yang tepat dalam pengentasan kawasan rawan pangan seperti misanya integrasi antara peternakan dengan pertanian, peternakan dengan perikanan ataupun diantara ketiganya yaitu peternakan-pertanian-perikanan yang saling melengkapi satu sama lain dan saling membutuhkan. Penggunaan sistem peternakan terintegrasi dapat dikatakan belum berjalan secara optimal. Karena masih diperlukannya sentuhan teknologi yang dapat mengimplementasikan peternakan terintegrasi itu sendiri. Untuk itu peneliti berkeinginan untuk mengetahui apa saja strategi yang digunakan dan dampak menggunakan sistem peternakan terintegrasi di sinatria farm. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana dilakukan secara langsung turun ke lapangan dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga data yang didapatkan di lapangan akan dideskripsikan sesuai temuan yang ada di Sinatria Farm. Hasil penelitian strategi implementasi ternak terintegrasi pada sinatria farm yaitu strategi yang digunakan seperti memilih/menetapkan lokasi pengembangan peternakan terintegrasi yang strategis, meningkatkan kegiatan penelitian dan adopsi teknologi terhadap pengembangan kawasan sistem integrasi ternak, meningkatkan kinerja peternak melalui penyuluhan dan pendekatan kelembagaan kelompok tani-ternak, pemberdayaan peternak domba, pemberdayaan sinatria community, kerjasama dengan perguruan negeri, taman wisata sinatria farm, pemanfaatan limbah ternak pada sinatria farm. Lalu dampak yang dihasilkan dari adanya sistem peternakan terintegrasi yaitu dampak ekonomi meliputi peningkatan efisiensi, produksi, diverivikasi pendapatan, akses pasar yang luas, serta peningkatan kualitas produk. Dampak sosial meliputi penciptaan lapangan kerja serta peningkatan kualitas hidup masyarakat lokal. Dampak lingkungan meliputi pengolahan limbah, penghematan air, peningkatan efisiensi pakan serta manajemen kesehatan hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Abu Suhud, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peternakan Terintegrasi, Pemberdayaan Peternak Domba, Sinatria Farm.
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jun 2023 11:11
Last Modified: 23 Jun 2023 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum