PERAN BUMDES TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PERMODALAN UMKM DI DESA CANGKINGAN KECAMATAN KEDOKAN BUNDER KABUPATEN INDRAMAYU

Maulana Syafaat, NIM.: 17102030063 (2023) PERAN BUMDES TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PERMODALAN UMKM DI DESA CANGKINGAN KECAMATAN KEDOKAN BUNDER KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BUMDES TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PERMODALAN UMKM DI DESA CANGKINGAN KECAMATAN KEDOKAN BUNDER KABUPATEN INDRAMAYU)
17102030063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN BUMDES TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PERMODALAN UMKM DI DESA CANGKINGAN KECAMATAN KEDOKAN BUNDER KABUPATEN INDRAMAYU)
17102030063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

BUMDes merupakan lembaga usaha yang dikelola oleh masyakarat untuk memperkuat perekonomian desa. Sebagai lembaga dipedesaan, BUMDes harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut. Desa Cangkingan memiliki kebutuhan dan potensi untuk mengembangkan UMKM sebagai penggerak dan meningkatkan perekonomian masyarakat.Penelitian ini akan mendeskripsikan peran BUMDes Rema Sejahtera Desa Cangkingan Kabupaten Indramayu dalam memberdayakan masyarakatnya melalui program permodalan UMKM. Lalu akan mendeskripsikan sejauh mana proses pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes tersebut dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa peran BUMDes Rema Sejahtera dalam program permodalan UMKM dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM; mengembangkan produk UMKM; dan meningkatkan potensi desa. Disamping itu, proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh BUMDes Rema Sejahtera dilakukan dengan tiga tahap, penyadaran, pengembangan dan pembinaan. Berdasarkan temuan penelitian ini, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh BUMDes Rema Sejahtera telah mendorong dan mengembangkan umkm yang ada. Walaupun demikian, pengembangan aset desa dan pengelolaan umkm masih perlu ditingkatkan melalui BUMDes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiyatun M.A. Ph.D
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Pemberdayaan Masyarakat, UMKM
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jun 2023 11:14
Last Modified: 23 Jun 2023 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59230

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum