MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ASH-SHIDDIIQI KECAMATAN GONDOKUSUSMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Roslan Favorita Siregar, NIM.: 18102040012 (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ASH-SHIDDIIQI KECAMATAN GONDOKUSUSMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ASH-SHIDDIIQI KECAMATAN GONDOKUSUSMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA TAKMIR MASJID ASH-SHIDDIIQI KECAMATAN GONDOKUSUSMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sumber daya manusia dalam sebuah lembaga sangat mempengaruhi tercapainya visi dan misi dalam sebuah lembaga. Dengan memiliki sumber daya manusia yang berkompeten peluang tercapainya visi dan misi akan semakin besar. Penelitian ini membahas tentang pengembangan sumber daya manusia pada takmir Masjid Ash-Shiddiiqi Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Tahun 2021. Masjid Ash-Shiddiiqi yang tersorot akan kenyamanannya dan lokasi yang strategis menarik perhatian para jemaah untuk datang kembali melaksanakan ibadah di masjid Ash-Shiddiiqi. Lokasi strategis yang terletak dekat dengan kampus dan lingkungan tempat tinggal anak kuliah menjadikan Masjid Ash-Shiddiiqi tempat yang dituju para mahasiswa untuk beribadah ataupun istirahat di pergantian jam perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengembangan sumber daya manusia pada takmir Masjid Ash-Shiddiiqi sehingga bisa memiliki manajemen yang baik dalam mengelola masjid tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan sumber daya manusia oleh Komang Ardana. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Peneliti memperoleh data hasil wawancara, bacaan, observasi dan dokumentasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi, yaitu pendekatan multimetode yang dilakukan pada saat menggunakan dan menganalisis data. Pada tahap analisis data peneliti melakukan deskripsi secara detail atau penafsiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengembangan smber daya manusia takmir masjid Ash-Shiddiiqi Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta kurang maksimal. Penerapan manajemen pengembangan sumber daya manusia manusia takmir masjid Ash-Shiddiiqi Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta menggunakan lima dari tujuh program pengembangan sumber daya manusia. Program tersebut adalah pendidikan, mutasi, penembangan karier, penilaian prestasi dan pembinaan sumber daya manusia. Program pengembangan sumber daya manusia yang tidak terlaksana ialah pelatihan dan promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Andy Dermawan, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Takmir Masjid
Subjects: Manajemen Dakwah
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jun 2023 11:22
Last Modified: 23 Jun 2023 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum