MANAJEMEN PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SLEMAN

Dhica Sarah Sae, NIM.: 19102040085 (2023) MANAJEMEN PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SLEMAN)
19102040085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SLEMAN)
19102040085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari pentingnya manajemen pelayanan pada sebuah organisasi pelayanan. Pelayanan yang baik dan berkualitas tidak terlepas dari manajemen pelayanan yang baik. Manajemen menjadi kunci dalam penyelenggarakan pelayanan publik dikarenakan pelayanan publik merupakan tujuan sekaligus output dari sebuah organisasi atau kantor pelayanan publik. Kantor Urusan Agama Kecamatan Sleman merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu pelayanan yang diberikan haruslah baik dan sesuai. Walaupun di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sleman belum dilakukan revitalisasi, hendaknya harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Untuk memenuhi beberapa hal itu diperlukan manajemen pelayanan guna mengatur dan menyesuaikan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk uji keabsahan data digunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemenْ pelayananْ khususnyaْ padaْ pelayananْ pencatatanْ nikahْ diْ Kantorْ UrusanْAgamaْ Kecamatanْ Slemanْ telahْ berjalanْ danْ pelaksanaanْ pelayananْ terkhususْ padaْ pelayananْ pencatatanْ nikahْ telahْ menerapkanْ manajemenْ pelayananْ denganْ baik.ْ Halْ iniْ terbuktiْ dariْ telahْ terbentuknyaْ modelْ manajemenْ pelayanan.ْ Modelْ manajemenْ pelayananْ diْ Kantorْ Urusanْ Agamaْ Kecamatanْ Slemanْ telahْ terbentukْ karenaْ adanyaْ interaksiْ danْ terpenuhinyaْ empatْ halْ yakni:ْ sistemْ pelayananْ yangْ mementingkanْ penggunaْ jasa,ْ kulturْ pelayananْ dalamْ organisasiْ penyelenggaraْ pelayanan,ْ sumberْ dayaْ manusiaْ pelayananْ yangْ berorientasiْ kepadaْ penggunaْ jasa,ْ danْ berfungsinyaْ mekanismeْ voice.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Aris Risdiana S. Sos I. MM
Uncontrolled Keywords: manajemen pelayanan; pencatatan nikah; Kantor Urusan Agama Kecamatan Sleman
Subjects: Manajemen Dakwah
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Jun 2023 13:42
Last Modified: 23 Jun 2023 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum