KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN POCARI SWEAT DI TELEVISI EDISI RAMADAN TAHUN 2022

Putri Isma Indriyani, NIM.: 20202012003 (2023) KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN POCARI SWEAT DI TELEVISI EDISI RAMADAN TAHUN 2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN POCARI SWEAT DI TELEVISI EDISI RAMADAN TAHUN 2022)
20202012003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN POCARI SWEAT DI TELEVISI EDISI RAMADAN TAHUN 2022)
20202012003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki tahun ke-23 pada abad ke-21, televisi menjadi idola Sebagian besar masyarakat Indonesia. Baik orang tua, anak muda, pria, wanita, maupun mereka yang tinggal di pesisir pantai dan pelosok kampung. Praktik industri media di Indonesia dengan pasar utamanya adalah masyarakat yang mayoritas beragama Islam tentu dengan memasukan muatan agama menjadi praktik kapitalisme yang dapat menghipnotis khalayak media atau masyarakat Indonesia, agama seperti sebuah konten dagangan dengan menampilkan publik-publik figur dengan atribut simbol agama islam. Komodifikasi pada media dapat berbentuk apapun. Salah satunya adalah komodifikasi terhadap agama. Adapun dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti tentang Komodifikasi Agama dalam Iklan Pocari Sweat di Televisi Edisi Ramadan Tahun 2022 dengan memfokuskan penelitian pada iklan Pocari Sweat Edisi Ramadan Tahun 2022 versi “Belajar Puasa Penuh dengan Pocari Sweat #IONSaatSahur. Penelitian ini akan membahas tentang komodifikasi nilai agama dalam iklan Pocari Sweat edisi Ramadan Tahun 2022 dan tentang pemaknaan komodifikasi simbol agamanya. Jenis penelitian analisis isi kritis yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kritis bertujuan untuk menelaah bagaimana kekuatan sosial dan politik dalam memanfaatkan media untuk mempromosikan kepentingan mereka dan pesan-pesan dalam media dapat mempengaruhi pandangan dan tindakan masyarakat didasarkan pada teori ekonomi politik media dan teori kontruksi realitas sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis dokumentasi dan wawancara mendalam dari beberapa narasumber. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis semiotik model Charles Sanders Peirce dengan teori segitiga makna yang dikembangkannya. Penerapan analisis semiotika Peircean ini, peneliti dapat menganalisis makna, simbol, dan pesan yang terkandung dalam rekaman video iklan Pocari Sweat Edisi Ramadan Tahun 2022 versi “Belajar Puasa Penuh dengan Pocari Sweat #IONSaatSahur. Setelah dilakukan Analisa, hasil dari penelitian ini adalah pada Iklan Pocari Sweat di Televisi Edisi Ramadan Tahun 2022 terjadi transformasi nilai guna menjadi nilai tukar yang bersifat komersil untuk menguntungkan salah satu pihak. Komodisikasi konten yang terlihat pada alur cerita serta simbol agama yang digunakan pada iklan Pocari Sweat Edisi Ramadan tahun 2022. Komodifikasi konten media yang sebagaimana dipaparkan Mosco terjadi melalui rekonstruksi realitas. Penggunaan unsur setting tempat, waktu penayangan, brand ambassador dan dialog yang digunakan dalam iklan ini sangat kuat ketika dalam iklan tersebut memunculkan visualisasi yang menyerupai dengan realitas kehidupan masyarakat. Pengiklan memiliki tujuan utama untuk memperoleh keuntungan dari produk atau jasa yang ditawarkan agar penjualan selalu meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pocari Sweat Advertising; commodification of religious; television
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Jun 2023 13:59
Last Modified: 23 Jun 2023 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum