PEMBERDAYAAN MANTAN NARAPIDANA TERORIS DI YAYASAN LINGKAR PERDAMAIAN DESA TENGGULUN, SOLOKURO, LAMONGAN, JAWA TIMUR

Naufal Fadllurrohman Zaky, NIM.: 16230012 (2023) PEMBERDAYAAN MANTAN NARAPIDANA TERORIS DI YAYASAN LINGKAR PERDAMAIAN DESA TENGGULUN, SOLOKURO, LAMONGAN, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MANTAN NARAPIDANA TERORIS DI YAYASAN LINGKAR PERDAMAIAN DESA TENGGULUN, SOLOKURO, LAMONGAN, JAWA TIMUR)
16230012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MANTAN NARAPIDANA TERORIS DI YAYASAN LINGKAR PERDAMAIAN DESA TENGGULUN, SOLOKURO, LAMONGAN, JAWA TIMUR)
16230012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aksi teroris adalah salah satu masalah yang terjadi di dunia, hal tersebut tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Penyebab aksi teroris ialah kurangnya kesadaran atas pemahaman agama, maka dari itu Yayasan linkar perdamaian hadir dengan intervensi yang beda yaitu melalui deradiikalisasi yang lebih menekankan pada pemberdayaan atas mantan narapidana, dengan cara membuat penyadaran dan kebiasaan secara kolektif untuk menyadarkan bahwa tindakan yang mereka lakukan adalah tindakan yang salah dalam masyarakat melalui beberapa program yang sudah di rancang bersama untuk kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui progam, dan tahapan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Yayasan Lingkar Perdmaian. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa progam pemberdayaan masyarakat oleh Yayasan Lingkar Perdamaian di Tenggulun adalah usaha dalam menyadarakan dan memberdayakan para mantan narapidana melalui progam progam pemberdayaan, dengan membuat kegiatan penyadaran dan kegiatan kolektif supaya mantan narapidana bisa menjadi manusia yang berdaya, implementasinya adalah adanya program yayasan lingkar perdamaian yang terlaksana dengan baik, yaitu pelatihan public speacking, pelatihan kewirausahaan, dan memberikan jaringankerjapada mantan narapidana, hal ini terlihat dari terlaksanakanya semua program yang telah di jalankan oleh yayasan lingkar perdamaian, dan manfaat dari yayasan yaitu Pertama pelatihan hasilnya adanya pemebelajaran untuk mantan parapidan berani berbicaradi public menyuarakan bahwatindakan merekaadalah tindakan yang kurang baik, adanya peningkatan kesadaran atas keagamaan, adanya peningkatan bahasa,Kedua pelatihan kewirausaa hasilnya adanya kegiatan yang mengalihkan fokus mereka terhadap aksi aksi teroris, adanya peningkatan keahlian paramantan narapidana, Ketiga pemberian jaringan pekerjaan melalui jaringan yangada di yayasan lingkar perdamaian adanya kemudahan untuk mencarikan kerja untuk mantan narapidana, adanya kemudahan menghidupi keluarganya kembali,. Secara keseluruhan program yang di lakukan yayasan lingkar perdamaian sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.i., M.Si.
Uncontrolled Keywords: teroris; pemberdayaan; narapidana
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Jun 2023 15:10
Last Modified: 23 Jun 2023 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59256

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum