INOVASI SOSIAL DULANG LIMBUK: PENGOLAHAN LIMBAH DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BINAAN CSR PT. PERTAMINA (PERSERO) DPPU ADISUCIPTO

Faisal Haris Hidayatulloh, NIM.: 19102030009 (2023) INOVASI SOSIAL DULANG LIMBUK: PENGOLAHAN LIMBAH DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BINAAN CSR PT. PERTAMINA (PERSERO) DPPU ADISUCIPTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI SOSIAL DULANG LIMBUK: PENGOLAHAN LIMBAH DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BINAAN CSR PT. PERTAMINA (PERSERO) DPPU ADISUCIPTO)
19102030009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INOVASI SOSIAL DULANG LIMBUK: PENGOLAHAN LIMBAH DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BINAAN CSR PT. PERTAMINA (PERSERO) DPPU ADISUCIPTO)
19102030009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan menjadi salah satu fokus Indonesia terhadap pembangunan negara. Pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu upaya pembangunan negara dilakukan melalui pemenuhan kebutuhan baik individu maupun kelompok. Bentuk dari pemenuhan kebutuhan pada masyarakat dipengaruhi terhadap permasalahan lingkungan. Adanya regulasi terhadap perusahaan atau perseroan menjadi kewajiban CSR dalam melakukan tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan. Tanggung jawab sosial dan lingkungan yang wajib diberikan oleh perusahaan memiliki berbagai bentuk baik dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, ekonomi, kesehatan, lingkungan, infrastruktur dan lain sebagainya. Inovasi Sosial menjadi salah satu rumusan dalam penyelesaian permasalahan yang ada di lingkungan sosial masyarakat. Bentuk pengembangan dari inovasi sosial tersebut dapat berupa pencegahan pencemaran dalam pelestarian lingkungan maupun hal lain sebagainya. Terhadap penilaian ambas batas Indeks Kualitas Air (IKA) pada 10 sungai yang terdapat pada wewenang pengawasan DLHK Provinsi DIY menjelaskan hampir seluruhnya tercemar dengan indeks sedang hingga rendah. Berdasarkan pencegahan daripada pencemaran dan kerusakan lingkungan maka Inovasi Sosial Dulang Limbuk hadir dalam pencegahan dengan metode pengolahan limbah dan pemanfaatan limbah menjadi bentuk lain dalam pemanfataan potensi lokal. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan pemberdayaan serta dampak dari inovasi sosial Dulang Limbuk oleh CSR PT. Pertamina (persero) DPPU Adisucipto dalam upaya pencegahan pencemaran dan kerusakan pada lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik interaktif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan merupakan data yang sudah valid dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemberdayaan melalui inovasi sosial Dulang Limbuk terdapat beberapa tahapan dalam pemberdayaan yang dilakukan. Tahapan pemberdayaan tersebut diantaranya: tahapan persiapan, tahapan identifikasi, tahapan alternatif program, tahapan penyusunan rencana aksi, tahapan implementasi, tahapan evaluasi dan tahapan terminasi. Namun, dari tahapan pemberdayaan tersebut terdapat beberapa modifikasi pada proses setiap tahapan. Sedangkan Penilaian terhadap dampak dari pembentukan program tersebut mencakup dari indikator-indiaktor penilaian sustainability compass yaitu aspek lingkungan, ekonomi, sosial dan kesejahteraan. Dari setiap aspek penilaian tersebut memperlihatkan dampak-dampak pada masyarakat dan menurunkan program lain dalam pemenuhan tujuan kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rahadiyand Aditya, M.A.
Uncontrolled Keywords: Inovasi Sosial, Pengolahan Limbah, Pemberdayaan Kelompok
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 09:27
Last Modified: 26 Jun 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum