DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENSEJATERAHKAN MASYARAKAT: STUDI KASUS KELUARGA PENERIMA MANFAAT DI KALURAHAN TRIMULYO, JETIS, BANTUL

Fatma Maulidya Adilasani, NIM.: 19102030013 (2023) DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENSEJATERAHKAN MASYARAKAT: STUDI KASUS KELUARGA PENERIMA MANFAAT DI KALURAHAN TRIMULYO, JETIS, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENSEJATERAHKAN MASYARAKAT: STUDI KASUS KELUARGA PENERIMA MANFAAT DI KALURAHAN TRIMULYO, JETIS, BANTUL)
19102030013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENSEJATERAHKAN MASYARAKAT: STUDI KASUS KELUARGA PENERIMA MANFAAT DI KALURAHAN TRIMULYO, JETIS, BANTUL)
19102030013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang pada penelitian ini yaitu masih banyak masyarakat yang berada pada garis kemiskinan di Jetis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan dampak Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mensejahterakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kalurahan Trimulyo, Jetis, Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan kemudian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PKH Kapanewon Jetis tidak hanya sekedar mmeberikan bantuan saja, tetapi memberikan pendampingan yang digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian KPM. Implementasi PKH dalam meningkatkan kemandirian berupa akses pelayanan kesehatan, pendidikan, maupun kesejahteraan sosial. Sehingga dampak dari program-program yang dijalankan dapat memeberikan dampak itu sendiri kepada KPM. Dampak yang dirasakan tentunya dampak yang bersifat baik atau positif. Seperti adanya agen kesehatan, bank sampah, pendampingan UMKM. Keberhasilan dari program ini yang utama ketika KPM merasa sudah mandiri dan sejahtera dalam segala aspek terutama untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari maka dilakukan secara sadar atas kemauan dan keinginan sendiri untuk mengundurkan diri dari program tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 09:30
Last Modified: 26 Jun 2023 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum