AKTIVITAS HUMAN RECOURCE DEVELOPMENT CENTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022

Dwi Fatimah, NIM.: 19102040001 (2023) AKTIVITAS HUMAN RECOURCE DEVELOPMENT CENTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS HUMAN RECOURCE DEVELOPMENT CENTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS HUMAN RECOURCE DEVELOPMENT CENTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di dalamnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY adalah dengan dibentukannya HRD Center sebagai wadah yang dapat menampung peningkatan mutu dari SDM di lembaganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impementasi HRD Center dalam meningkatkan SDM di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY tahun 2022. Penelitian ini mengacu pada buku Manajemen Sumber Daya Manusia karya Wilson Bangun untuk menganalisis aktivitas fungsi HRD Center di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY serta teori Andrew Sikula tentang perencanaan sumber daya manusia untuk peningkatan kualitas SDM. Kedua teori ini dipilih sebagai pisau analisis karena menekankan pada proses peningkatan kualitas SDM dengan pemenuhan kebutuhan karyawan dan juga kebutuhan organisasi. Hal tersebut tentunya ekuivalen dengan judul penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, dan metode analisis data interaktif Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas HRD Center di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY tahun 2022 sudah berjalan dengan cukup baik. Ada tiga divisi yang telah beroperasi yaitu divisi assesment and measurement, divisi training and competency development, dan divisi education and consulting. Serta ada satu divisi yang masih dalam tahap pematangan yaitu divisi intellectual property and publication. HRD Center Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY juga berperan dalam peningkatan kualitas pegawai yang ada di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hikmah Endraswati, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: HRD Center, SDM, Kawil Kemenag DIY
Subjects: Manajemen Dakwah
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 10:46
Last Modified: 26 Jun 2023 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum