PENGAWASAN PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) OLEH BIDANG PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022

Nisful Lailatul Mufida, NIM.: 19102040025 (2023) PENGAWASAN PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) OLEH BIDANG PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAWASAN PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) OLEH BIDANG PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGAWASAN PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) OLEH BIDANG PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya biro penyelenggara ibadah haji dan umrah di satu sisi dapat memudahkan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Namun di sisi lain banyak modus penipuan berkedok biro perjalanan umrah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga Kantor Wilayah Kementerian Agama berperan penting dalam melakukan pengawasan aktivitas PPIU agar tehindar dari penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan PPIU yang dilakukan oleh bidang PHU di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY tahun 2022. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana datadatanya diperoleh dari lapangan, baik data lisan maupun data tertulis (dokumen). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan menggunakan handphone. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik uji keabsahan data yakni triangualasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan PPIU yang dilakukan oleh bidang PHU Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY yang meliputi tahap pengawasan yakni (1) Penetapan standard pelaksanaan (perencanaan). (2) Penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan. (3) Pengukuran pelaksanaan kegiatan. (4) Perbandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisisan penyimpangan-penyimpangan. (5) Pengambilan tindakan koreksi dan perbaikan. Namun, ada satu tahap yang belum dilaksanakan yaitu tahap perbandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisisan penyimpangan-penyimpangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, PPIU, Ibadah Umroh, Haji
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 11:05
Last Modified: 26 Jun 2023 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum