EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS (BLKPP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKAKARTA TAHUN 2023

Lany Farikha, NIM.: 19102040038 (2023) EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS (BLKPP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI BALAI LATIHANKERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS (BLKPP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKAKARTA TAHUN 2023)
19102040038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI BALAI LATIHANKERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS (BLKPP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKAKARTA TAHUN 2023)
19102040038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Melihat perkembangan era globalisasi sekarang dengan persoalan pengangguran. Pengangguran merupakan suatu persoalan yang terus menerus bertambah dari tahun ke tahun. Persoalan pengangguran bukan hanya ada pada sempitnya dunia kerja, namun juga rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki dan besarnya jumlah pencari pekerjaan dengan sempitnya penyedian lapangan pekerjaan. Untuk itu dibangunlah sebuah lembaga yang bergerak dibidang Pelatihan kerja yang dikenal dengan namanya yaitu Balai Latihan kerja dan pengembangan produktivitas (BLKPP) Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sebuah lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan di berbagai jenis keterampilan dan keahlian dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia. Agar mampu bersaing dalam dunia kerja yang akan datang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisa data dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan melalui uji keabsahan data kredibilitas (trianggulasi dan member check), transferabilitas, dependibilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya proses efektivitas Pelatihan kerja di BLKPP DIY Tahun 2023, Dari reaksi hasil kuesioner dari kepuasaan peserta yang menunjukkan materi nilai rata-ratanya yaitu 4.52 dengan kategori grade nilai baik sekali, Nilai rata-rata sub item pelatih yaitu 4,64 dengan kategori grade nilai baik sekali, Terakhir nilai rata-rata sub item sarana prasarana yaitu 4,29 dengan kategori grade nilai baik. Secara keseluruhan nilai rata-rata hasil kuesioner kepuasan yaitu 4,48 dengan kategori grade nilai baik. kedua proses belajar yaitu lebih difokuskan dengan peningkatan kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan melalui Instruktur yang sudah menyiapkan pembelajaran dalam standar Kompetensi kerja nasioanal (SKKNI). Ketiga perubahan perilaku yaitu terjadi setelah mengikuti pelatihan, dimulai dari pengetahuan, serta keterampilan secara keseluruhan sudah baik, diketahui dari kedisiplinan berupa daftar hadir peserta, rasa kepercayaan, dan tanggung jawab mereka untuk menyelesaikan pekerjaannya jauh lebih baik dan kinerjanya semakin meningkat. Keempat Hasil output yang dapat dilihat dari manfaat sertifikat yang dihasilkan dengan mendapatkan pekerjaan di instansi atau perusahaan sesuai bidangnya serta dapat membuka lapang pekerjaan yang didapatnya. Terakhir efektifitas biaya yang dihabiskan bagi program Pelatihan melaui biaya belanja operasioanl sesuai kebutuhannya dan didapatkan dananya melalui DIPA Balai LatihanVokasi dan Produktivitas (BPVP) Surakarta Tahun Anggaran 2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr Maryono, S. Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Kerja, Balai Latihankerja dan Pengembangan produktivitas Daerah Istimewa Yogyakarta (BLKPP DIY), Penganguran, SDM
Subjects: Manajemen
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 11:14
Last Modified: 26 Jun 2023 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59283

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum