IMPLEMENTASI TEORI CUSTOMER SERVICE DALAM PELAYANAN IBADAH UMRAH DI PT(PERSEROAN TERBATAS) ANNEEVA MULYA WISATA BANDAR, BATANG, JAWA TENGAH

Juvrifar Jafar, NIM.: 19102040042 (2023) IMPLEMENTASI TEORI CUSTOMER SERVICE DALAM PELAYANAN IBADAH UMRAH DI PT(PERSEROAN TERBATAS) ANNEEVA MULYA WISATA BANDAR, BATANG, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TEORI CUSTOMER SERVICE DALAM PELAYANAN IBADAH UMRAH DI PT(PERSEROAN TERBATAS) ANNEEVA MULYA WISATA BANDAR, BATANG, JAWA TENGAH)
19102040042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TEORI CUSTOMER SERVICE DALAM PELAYANAN IBADAH UMRAH DI PT(PERSEROAN TERBATAS) ANNEEVA MULYA WISATA BANDAR, BATANG, JAWA TENGAH)
19102040042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi maraknya calo-calo mengatasnamakan pemuka agama dan biro wisata religi merekrut jemaah. Hal ini dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan. Dari harga awal di travel lalu di Up harganya dari harga paket. Itu juga menyebabkan jemaah tidak mengetahui apapun mengenai paket Travel yang dipilih dan tidak mengetahui apa saja pelayanan dan jaminan yang di dapat. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pelayanan ibadah umrah kepada jemaah PT. Anneeva mulya wisata sesuai dengan teori costumer service. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data dengan melakukan pengecekan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan teori costumer service dalam pelayanan ibadah umrah di PT. Anneeva mulya wisata dilakukan dengan baik. Hal ini mencangkup Pelayanan yang sesuai UU. No.8 tahun 2019. Pelayanan yang terbaik ini dapat diwujudkan berdasarkan lima aspek yakni: Bukti fisik (tangible) meliputi sarana dan prasarana yang memadai dari PT. Anneeva mulya wisata baik ketika di tanah air maupun di tanah mencangkup akomodasi, transportasi, dan kosumsi. Empati (emphaty) yaitu memberikan perhatian yang personal kepada para pelanggan saat manasik ataupun saat pelaksanaan ibadah berlangsung selama 24 jam muthowwif dan pembimbing selalau ada, lalu daya tanggap (responsiveness) staff, muthawwif dan pembimbing berkenaan dengan kesediaan dan kemampuan penyedia layanan untuk membantu para jemaah dan merespon permintaan mereka dengan segera. selanjutnya Kehandalan (reliability), berkaitan dengan kemampuan perusahaan menyampaikan jasa yang akurat terpercaya dan konsisten kepada jemaah. Yang terakhir Jaminan (assurance), Yaitu keyakinan atas itikad dan kemampuan serta kesanggupan dalam melindungi jemaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Irfai Muslim, S. Pd., M. Si
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Biro Travel, Ibadah Umrah
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 11:35
Last Modified: 26 Jun 2023 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum