PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ASRAMA AL HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Dinda Aminatus Sholikhah, NIM.: 1910 2 040043 (2023) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ASRAMA AL HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ASRAMA AL HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
19102040043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ASRAMA AL HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
19102040043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa pengembangan sumber daya manusia sangat penting dilakukan. Apalagi pada lembaga pondok pesantren kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia agar mampu mencetak generasi yang unggul. Tak terkecuali pada Asrama Al Hikmah, yang pada tahun 2020 mengalami perubahan kebijakan yayasan yang mana pondok pusat meniadakan kegiatan atau program pondok yang dilakukan secara bersama sama baik kegiatan belajar mengajar maupun pengajian rutin serta segala kebijakan tentang kegiatan pengembangan santri dikembalikan pada asrama masing masing. Y ang mana hal te r sebut menjadikan asrama harus mampu mengembangkan asrama masing masing. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode dan aspek pengembangan manusia yang ada di Asrama Al Hikmah Pondok Pesantren Wahid Hasyim tahun ajaran 2021/2022. Yang bertujuan untuk mengetahui seperti apa metode dan aspek pengembangan sumber daya manusia yang ada di Asrama Al Hikmah. M etode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode pengu m pulan data dan triangulasi sumber dat a. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan sumber daya manusia di Asrama Al Hikmah pada tahun ajaran 2021/2022 yaitu menggunakan metode on the job training . Bentuk kegiatan berupa rotasi jabatan, coaching , dan penugasan sementara. Keg iatan tersebut berorientasi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia berupa aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Kegiatan pengembangan ini berjalan dengan baik ditandai dengan kegiatan kegiatan tersebut tetap berjalan sampai sekarang. Penggunaaa n metode on the job training saja dikarenakan Asrama Al Hikmah memiliki budaya organisasi yaitu dari santri, untuk santri, dan oleh santri sehingga Asrama Al Hikmah dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan sumber daya manusia mengutamakan sebuah pengabdian santri. Oleh karena itu, Asrama Al Hikmah belum menerapkan penggunaan metode pengembangan off the job training . Meskipun demikian, kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Asrama AL Hikmah sudah berjalan dengan baik ditandai dengan Asrama Al Hi kmah semakin dikenal dan dipercaya di masyarakat luar berupa banyak pengurus yang dipercaya untuk membantu mengajar oleh lembaga luar seperti Tempat Pendidikan Al Quran (TPA) di sekitar asrama dan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Wahid Hasyim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Metode on the Job, Coachin g dan Konseling, Metode off the Job, Pondok Pesantren
Subjects: Manajemen
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 11:40
Last Modified: 26 Jun 2023 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum