ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PADA SUBBAGIAN ORGANISASI TATA LAKSANA DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rima Wiji Asmara, NIM.: 19102040048 (2023) ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PADA SUBBAGIAN ORGANISASI TATA LAKSANA DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PADA SUBBAGIAN ORGANISASI TATA LAKSANA DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102040048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PADA SUBBAGIAN ORGANISASI TATA LAKSANA DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102040048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan SDM pada instansi Kementerian Agama, bahwa keterkaitan antara pengembangan SDM dengan profesionalisme dapat meningkatkan kinerja pegawai dengan baik. Jika kinerja pegawai meningkat, maka akan membentuk sikap professional terutama dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun, berdasarkan observasi yang dilakukan, fenomena yang terjadi bahwa masih ditemukan adanya pegawai yang belum mampu menyelesaikan pekerjaannya secara optimal, sehingga menjadikan tumpang tindih dan pengalihan pekerjaan kepada pegawai lain. Hal ini mungkin saja terjadi karena kurangnya penyesuaian terhadap kemajuan yang terjadi, terutama terkait kemajuan digital ter update sehingga menyebabkan pegawai tersebut kurang memahami tugas, pokok dan fungsi dalam pekerjaannya terutama sebagai seorang ASN yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga hal tersebut mempengaruhi kualitas dan kinerjanya. Oleh karena itu, dalam merespon hal tersebut organisasi perlu mengatasinya melalui pengembangan SDM. Hal ini karena pengembangan SDM memiliki fungsi untuk membina pegawai agar lebih baik dan produktif dalam bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan profesionalisme pada Subbag Ortala dan KUB dilakukan melalui beberapa program, yaitu melalui mutasi, promosi jabatan, motivasi dan pelatihan. Dalam hal ini pelatihan menjadi cara yang paling ampuh dalam rangka meningkatkan profesionalisme karena membawa banyak dampak positif bagi pegawai sekaligus menunjang peningkatan wawasan, sikap, keterampilan, dan kompetensi yang dapat mempengaruhi penyelesaian pekerjaan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solihan, MPA
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Profesionalisme
Subjects: Manajemen
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 14:20
Last Modified: 26 Jun 2023 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum