EFEKTIVITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL

Riya Apriyana Putri, NIM.: 19102040056 (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL)
19102040056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL)
19102040056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan SISKOHAT di Kantor Kementerian Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Penelitian ini juga dilatarbelakangi atas kesulitan Pemerintah Indonesia dalam mendata jemaah dan korban tragedi mina. Pada Tahun 1995 terjadi over kuota jumlah jemaah haji dan mengakibatkan meningkatnya daftar tunggu haji. Tidak hanya pendaftaran, pembatalan haji juga megalami masa tunggu dalam pencairan dana. Peristiwa tersebut membuat pemerintah melakukan evaluasi dan mulai memperbarui sistem layanan yang sebelumnya manual menjadi sistem online yang penggunaannya tentu lebih efektif dioperasikan kapan saja dan dimana saja yaitu Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau disebut dengan SISKOHAT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini adalah Pelayanan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang diterapkan oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul sudah berjalan secara efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan berjalannya berbagai macam fungsi sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu dengan maksimal. Kinerja sistem SISKOHAT yang cepat mempermudah dalam pelayanan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul, karena semua proses pelayanan haji seperti pendaftaran dan pembatalan eksekusinya ada di SISKOHAT. Karena SISKOHAT adalah kunci dari pelayanan yang ada di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Selain itu, SISKOHAT memudahkan dalam berbagi dan memperoleh informasi terkait penyelenggaraan haji di Indonesia maupun di Arab Saudi, meningkatkan pengetahuan seputar perhajian kepada jemaah haji, dan dapat memberikan informasi keberangkatan haji bagi jemaah melalui aplikasi haji pintar yang sudah terhubung langsung dengan SISKOHAT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: SISKOHAT, Kemenag Bantul, Pelayanan Prima
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2023 14:30
Last Modified: 26 Jun 2023 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59288

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum