PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG LEDOK SAMBIREJO, PRENGGAN, KOTAGEDE YOGYAKARTA MENJADI SENTRA INDUSTRI TEMPE

Muhammad Saddam Hussein Ayub Khan, NIM.: 16230041 (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG LEDOK SAMBIREJO, PRENGGAN, KOTAGEDE YOGYAKARTA MENJADI SENTRA INDUSTRI TEMPE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG LEDOK SAMBIREJO, PRENGGAN, KOTAGEDE YOGYAKARTA MENJADI SENTRA INDUSTRI TEMPE)
16230041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG LEDOK SAMBIREJO, PRENGGAN, KOTAGEDE YOGYAKARTA MENJADI SENTRA INDUSTRI TEMPE)
16230041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Produksi tempe kedelai merupakan usaha yang dijalankan oleh pemilik tempe kedelai di KotaYogyakarta khususnya di Ledok Sambirejo dengan bahan baku kedelai yang difermentasi dan memiliki nilai gizi yang baik bagi kesehatan manusia. Usaha dengan lingkup rumahan atau home industry ini memberikan peluang bagi para produsen untuk memberdayakan keluarga dan warga sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Ada juga penafsiran data menggunakan kerangka konsep pemberdayaan usaha rumahan dengan lima prinsip oleh Suharto. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data penelitian dilihat validitasnya menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yakni sebagai berikut (1) proses pemberdayaan masyarakat Kampung Ledok Sambirejo Prenggan Kotagede menjadi Kampung tempe yakni motivasi, peningkatan kesadaran dan pelatihan kemampuan, manajemen diri, mobilisasi sumber daya, serta pembangunan dan pengembangan jejaring. (2) hasil pemberdayaan masyarakat Kampung Ledok Sambirejo, Prenggan, Kotagede menjadi Kampung Tempe menunjukan bahwa dengan adanya usaha rumahan tempe di Ledok Sambirejo dapat memberikan peluang dan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kreatifitas warga serta meningkatkan modal sosial antar warga sekitar. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi produsen tempe lainnya dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: empowerment; empowerment process; results
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Jun 2023 15:29
Last Modified: 26 Jun 2023 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum