STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON JEMAAH UMRAH DI AL ANSHOR TOURS AND TRAVEL YOGYAKARTA

Naufal Fa’iqurrahma Ramadhani, NIM.: 19102040095 (2023) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON JEMAAH UMRAH DI AL ANSHOR TOURS AND TRAVEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON JEMAAH UMRAH DI AL ANSHOR TOURS AND TRAVEL YOGYAKARTA)
19102040095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON JEMAAH UMRAH DI AL ANSHOR TOURS AND TRAVEL YOGYAKARTA)
19102040095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi permintaan umat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah umrah meningkat, sehingga membuka peluang usaha bagi biro atau travel penyelenggara perjalanan ibadah umrah. Akan tetapi, banyaknya muncul biro atau travel penyelenggara perjalanan ibadah umrah membuat persaingan ketat dalam usaha, sehingga biro atau travel penyelenggara perjalanan umrah dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam melakukan kegiatan strategi promosinya agar perusahaan bisa bertahan pada usahanya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan jumlah calon jemaah umrah di Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta sesuai dengan teori bauran promosi atau elemen-elemen promosi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data dengan melakukan pengecekan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta menerapkan teori bauran promosi atau elemen-elemen promosi. Dalam strategi promosi untuk meningkatkan jumlah calon jemaah umrah di Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta, mencakup pelaksanaan strategi promosi seperti meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal fasilitas, memberikan dan membantu proses pelayanan dari sebelum pemberangkatan sampai pasca umrah, dan full bimbingan ibadah umrah, kemudian menerapkan bauran promosi atau elemen-elemen promosi yaitu periklanan (advertising) melalui brosur dan media sosial, promosi penjualan (sales promotion) dengan memberikan diskon, cashback dan memberikan kuota gratis umrah bagi yang bisa mengajak rekan-rekannya 20 orang, penjualan perseorangan (personal selling) dengan melayani langsung secara tatap muka, serta melakukan callback para alumni jemaah dan hubungan masyarakat (public relations) menciptakan kesan yang baik kepada masyarakat dengan memberi bantuan atau infaq dan melakukan kajian-kajian agama, serta fungsi dan tujuan promosi. Proses strategi promosi yang dilakukan oleh Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan dan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim, S. Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Promosi, Umrah, Jama'ah Umroh
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:42
Last Modified: 27 Jun 2023 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum