MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERDAKWAH SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA)

Nur Ainiyah, NIM.: 19102040103 (2023) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERDAKWAH SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERDAKWAH SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA))
19102040103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERDAKWAH SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA))
19102040103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana manajemen pondok pesantren dalam membentuk kemampuan berdakwah santri sesuai dengan teori manajemen pondok pesantren. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan perilaku individu. Teknik dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Milles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data dengan melakukan pengecekan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pondok Pesantren dalam membentuk kemampuan berdakwah santri diterapkan melalui Pelaksanaan program kegiatan rutinan di Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta. Program kegiatan rutinan diantaranya yaitu kultum santri, rutinan maulid simtudduror, rutinan maulid al-barzanji, muadzin dan imam sholat fardhu, imam dan bilal sholat tarawih. Kemudian pembagian tugas kepada santri oleh pengurus untuk melaksanakan program kegiatan rutinan, baik penugasan individu atau kelompok sesuai jadwal yang dibuat. Lalu pengurus melakukan pengawasan atau evaluasi setiap kegiatan tersebut berlangsung. Selain itu, terdapat faktor pendukung dalam Manajemen Pondok Pesantren dalam Membentuk Kemampuan Berdakwah Santri agar berjalan dengan baik, yaitu dengan adanya pengurus dan ustadz-ustadzah yang membimbing dan mengajarkan kemampuan berdakwah melalui motivasi serta pendampingan penuh terhadap santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Irfai Muslim, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pondok Pesantren, Kemampuan Berdakwah, Santri.
Subjects: Manajemen Dakwah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:48
Last Modified: 27 Jun 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum