COPING STRESS PADA GURU SD MUHAMMADIYAH BALECATUR DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Fahril Nizhamuddin, NIM.: 16220094 (2023) COPING STRESS PADA GURU SD MUHAMMADIYAH BALECATUR DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COPING STRESS PADA GURU SD MUHAMMADIYAH BALECATUR DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19)
16220094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (COPING STRESS PADA GURU SD MUHAMMADIYAH BALECATUR DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19)
16220094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti kepada bentuk Coping Stresss pada guru sekolah dasar dalam menghadapi pembelajaran daring. Tugas utama guru adalah mendidik dan mengajar. Guru berkewajiban untuk memberikan contoh yang baik secara langsung dan menyampaikan bahan ajar kepada siswa. Masa Pandemi COVID-19 adalah salah satu hal yang menuntut perubahan sistem pembelajaran, yang menjadikan kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara online. Banyak hal yang baru yang perlu dihadapi oleh para guru. Hal tersebut dapat menjadi sumber stres. Coping Stress adalah hal yang sudah dilakukan oleh para guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk coping stress pada Guru SD Muhammadiyah Balecatur dalam menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan data yang telah terhimpun untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa bentuk Coping Stress pada Guru SD Muhammadiyah Balecatur dalam menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 berbeda beda dan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu Emotion Focused Coping dan Problem Focused Coping serta ada juga yang menggunakan kedua bentuk coping tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Reza Mina Pahlevi, M. A.
Uncontrolled Keywords: coping stress; guru; pembelajaran daring
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:40
Last Modified: 27 Jun 2023 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum