IMPLEMENTASI DYNAMIC GOVERNANCE PADA PELAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Didik Danar Krisgunawan, NIM.: 16240058 (2023) IMPLEMENTASI DYNAMIC GOVERNANCE PADA PELAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DYNAMIC GOVERNANCE PADA PELAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
16240058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DYNAMIC GOVERNANCE PADA PELAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
16240058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan ibadah haji merupakan kegiatan rutin tahunan bagi umat Muslim yang melibatkan tidak hanya Pemerintah Indonesia, tetapi juga banyak otoritas di dalam dan luar negeri, terutama di Arab Saudi. Profesionalisme dalam penyelenggaraan haji menjadi hal yang sangat penting, dengan pemerintah memiliki tanggung jawab penuh sebagai otoritas tunggal dalam penyelenggaraan ibadah haji, sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen PHU Kemenag RI) bertugas menyelenggarakan haji dan memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji, sehingga para jemaah merasa tenang secara psikologis, mengetahui bahwa kepentingan mereka terkait haji telah diatur dan dilayani oleh pemerintah. Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta) ditugaskan untuk mengembangkan sistem manajemen yang memastikan perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pengawasan terus ditingkatkan guna menyelenggarakan ibadah haji dengan lancar, nyaman, tertib, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kapabilitas, aspek yang mempengaruhi kapabilitas dan budaya organisasi di Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta. Seperti apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembuat kebijakan pelayanan di Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta. Analisis ini juga akan mempertimbangkan pengaruh kebijakan terhadap proses penyelenggaraan haji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta menerapkan konsep Dynamic Governance dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan keberangkatan ibadah haji. Kemampuan identifikasi perubahan, evaluasi hasil kinerja dan adaptasi dengan program yang disesuaikan menjadi cerminan kapabilitas yang baik. Selain itu, Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta menjunjung tinggi integritas, transparansi, dan etika kerja, serta bekerja sama dengan pihak terkait dalam menjalankan kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Ibadah Haji; Dynamic Governance
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Jun 2023 10:06
Last Modified: 27 Jun 2023 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59311

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum