REPRESENTASI RESISTENSI PEREMPUAN TERHADAP DOMINASI NEGARA DAN AGAMA (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Holy Spider)

Reza Fitri Kamalia, NIM.: 16210069 (2023) REPRESENTASI RESISTENSI PEREMPUAN TERHADAP DOMINASI NEGARA DAN AGAMA (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Holy Spider). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI RESISTENSI PEREMPUAN TERHADAP DOMINASI NEGARA DAN AGAMA (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Holy Spider))
16210069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI RESISTENSI PEREMPUAN TERHADAP DOMINASI NEGARA DAN AGAMA (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Holy Spider))
16210069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sepanjang tahun 2000-2001, masyarakat di Kota Mashhad, Iran, dikhawatirkan dengan aksi seorang pembunuh berantai bernama Saeed Hanaei yang membunuh 16 pekerja seks komersial (PSK). Dua dekade berlalu, kasus Saeed Hanaei diangkat menjadi sebuah film berjudul Holy Spider. Film tersebut menampikan sejumlah adegan terkait perlawanan perempuan terhadap dominasi negara dan agama yang terjadi di Iran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi resistensi perempuan terhadap dominasi negara dan agama dalam film Holy Spider. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Guna menemukan bagaimana resistensi perempuan ditampilkan adalam film Holy Spider, peneliti membedah enam scene yang ada. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa resistensi perempuan dalam film Holy Spider merupakan resistensi terbuka (public transcript). Hal ini didasarkan dari upaya resistensi melalui pendekatan jurnalisme. Adapun representasi perempuan dalam film tersebut ditampilkan sebagai resistensi yang memiliki dampak sistematis bagi kelompok rentan yakni para perempuan. Resistensi ini menjadi bermakna agar dominasi negara dan agama terhadap perempuan di Iran dapat dilawan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: embimbing: Nanang Mizwar Hasyim. S. Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: women's resistance; state domination; religious domination; Holy Spider; women in Iran
Subjects: Penyiaran Islam
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Jun 2023 10:14
Last Modified: 27 Jun 2023 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum