STRATEGI PELAYANAN UNIT VIP RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN

MUKHOTIB MUHAMMAD, NIM. 06240021 (2015) STRATEGI PELAYANAN UNIT VIP RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan bisnis di bidang kesehatan terjadi pada seluruh pelayanan, termasuk Rumah Sakit. Rumah Sakit pada pelaksanaannya harus meningkatkan orientasi pada kebutuhan masyarakat dan sekaligus menjadi organisasi yang selalu meningkatkan pelayanan. Dalam menghadapi perubahan lingkungan, Rumah Sakit perlu melakukan perubahan-perubahan mendasar yang mengacu pada aspek internal program yang meliputi manajemen umum, proses pelayanan klinik, pengembangan dan SDM. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan pasien dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sehingga dipakai sebagai bahan masukkan untuk penyusunan strategi pelayanan Rawat Inap unit VIP Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kabupaten Temanggung khususnya. Secara garis besar strategi pelayanan jasa yang pokok berkaitan dengan kualitas jasa dan pengelola produktivitas pelayanan terhadap pasien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang mengambil latar RS PKU Muhammadiyah Temanggun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan baru kemudian menarik kesimpulan. Pemeriksaan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan : 1) Strategi pelayanan yang dipakai dalam melayani rawat inap RS PKU Muhammadiyah Temanggung di unit vip yaitu menggunakan model praktek perawatan professional yang terbagi beredasarkan ketentuan yang sudah disepakati bersama. Proses pelaksanaannya pelayananya dengan menggunakan prosedur tertentu yaitu sudah dilakukan berdasarkan standar asuhan keperawatan atau standar operasional perawatan dalam memberi pelayanan pada pasien. 2) Penerapan strategi pelayanan memberi implikasi positif baik dalam penerima jasa perawatan maupun yang merawat, yang dalam memberi perawatan berdasarjan kerja tim sesuai dengan tanggung jawab masing-masing dan telah diatur dalam shift kerjanya. Implikasi positif dan mekanisme kerja ini akan menimbulkan kepuasan para pengguna jasa rumah sakit dalam menjalani perawatan atau pengobatan untuk menuju pada kesembuhan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. H. Andy Dermawan M.Ag, 2. M. Toriq Nurmadiansyah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan, Bentuk Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jan 2015 14:20
Last Modified: 01 Dec 2015 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum