HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA OLEH ORANG TUA SINGLE PARENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN

Nadiyah Ulfah Yudaningtyas, NIM.: 16410004 (2023) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA OLEH ORANG TUA SINGLE PARENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA OLEH ORANG TUA SINGLE PARENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN)
16410004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA OLEH ORANG TUA SINGLE PARENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN)
16410004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya problematika yang menyangkut kedisiplinan anak di era perkembangan zaman ini. Pemahaman tentang pendidikan agama ini seharusnya diberikan oleh orang tua kepada anak sejak dini agar anak menjadi generasi yang baik. Umumnya dalam sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu dan anak-anaknya, namun saat ini sering dijumpai adanya orang tua tunggal atau single parent yang hanya terdiri dari seorang orang tua dan anak-anaknya. Diketahui bahwa beberapa anak yang berorang tua single parent ini memiliki perilaku yang sedikit menyimpang, misalkan dalam kedisiplinan. Pemberian pendidikan agama oleh orang tua single parent mempengaruhi kedisiplinan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara pendidikan agama oleh orang tua single parent dengan kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 25 orang responden yang mencerminkan target penelitian. Data diambil dengan instrumen observasi dan angket. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Rank Spearman, menggunakan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat kedisiplinan siswa yang berorang tua single parent di SMK Muhammadiyah 2 Klaten kategori cukup baik sebanyak 14 anak (56%). (2) Tingkat pendidikan agama oleh orang tua single parent siswa di SMK Muhammadiyah 2 Klaten memiliki tingkat intensitas pada kategori sedang sebanyak 13 anak (52%). (3) Adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara pendidikan agama oleh orang tua single parent dengan kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Klaten dengan nilai r sebesar 0,872 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama; single parent; kedisiplinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:22
Last Modified: 03 Jul 2023 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum