NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KOMIK SHALAHUDDIN AL-AYYUBI KARYA HANDRI SATRIA & SAYF MUHAMMAD ISA DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR

Mukhammad Imron Mustofa, NIM.: 16410056 (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KOMIK SHALAHUDDIN AL-AYYUBI KARYA HANDRI SATRIA & SAYF MUHAMMAD ISA DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KOMIK SHALAHUDDIN AL-AYYUBI KARYA HANDRI SATRIA & SAYF MUHAMMAD ISA DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR)
16410056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KOMIK SHALAHUDDIN AL-AYYUBI KARYA HANDRI SATRIA & SAYF MUHAMMAD ISA DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR)
16410056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akhlak menduduki posisi yang penting karena selaras dengan misi diutusnya Nabi Muhammad saw. untuk menyempurnakan akhlak. Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa salah satu standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar adalah mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang berkarakter, jujur, peduli, dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, pendidikan akhlak harus diberikan secara serius dan komprehensif. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam rangka pemahaman dan penanaman nilai akhlak adalah dengan menggunakan komik sebagai sumber belajar tambahan dan atau media pembelajaran. Di mana komik merupakan salah satu media yang cukup banyak diminati anak usia Sekolah Dasar. Salah satu komik yang cukup populer adalah komik Shalahuddin Al-Ayyubi yang menyandang predikat best seller. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran umum komik Shalahuddin Al-Ayyubi; 2) Mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam komik Shalahuddin Al-Ayyubi; 3) Mengetahui relevansi antara komik Shalahuddin Al-Ayyubi dengan materi Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi dan wawancara. Metode analisis datanya adalah metode analisis data semiotik struktural yang dikembangkan oleh Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian ini adalah: 1) Komik Shalahuddin Al-Ayyubi merupakan salah satu komik yang menyandang predikat best seller, di mana di dalamnya menceritakan tentang keluarga Shalahuddin Al-Ayyubi, Shalahuddin saat kecil, hingga Shalahuddin dewasa sebagai kesatria Islam; 2) Nilai-nilai akhlak terpuji yang terdapat dalam komik meliputi: akhlak terhadap Allah Swt. (ikhlas, istianah, jujur); akhlak terhadap diri sendiri (jujur, pantang menyerah, pemaaf, percaya diri, rendah hati, sabar, dan tanggung jawab); dan akhlak terhadap sesama (amanah, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, kasih sayang, kerja sama, peduli kepada sesama, dan toleran). Sedangkan nilai-nilai akhlak tercela dalam komik meliputi akhlak terhadap Allah Swt. (kufur); akhlak terhadap diri sendiri (dusta, pemarah, sombong); akhlak terhadap sesama (dengki, membunuh, menganiaya, tamak).; 3) Komik Shalahuddin Al-Ayyubi jilid 1-3 dapat dikatakan relevan terhadap materi Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Adapun relevansinya terletak pada pokok bahasan, yang sama-sama membahas mengenai contoh-contoh perbuatan akhlak terpuji dan akhlak tercela. Contoh perbuatan akhlak terpuji untuk ditiru dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan contoh perbuatan akhlak tercela untuk dijadikan sebagai pembelajaran agar tidak ditiru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan akhlak; komik; nilai akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:01
Last Modified: 03 Jul 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum