STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL HUDA GEDONGKUNING

Avie Wahyu Marita, NIM.: 16430029 (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL HUDA GEDONGKUNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL HUDA GEDONGKUNING)
16430029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL HUDA GEDONGKUNING)
16430029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas keaksaraan di Taman Kanak-kanak merupakan salah satu usaha pengenalan bahasa yang bertujuan untuk mengenalkan simbol-simbol, suara-suara tertentu, dan coretan/tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui strategi guru dalam mengajarkan keaksaraan awal, dan (2) mengetahui hambatan guru dalam menerapkan straregi dalam mengajarkan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun RA Al Huda Gedongkuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek 20 narasumber yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan 18 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu : (1) strategi yang digunakan guru untuk mengajarkan keaksaraan awal yaitu menyanyikan lagu tentang angka dan huruf, mengamati dan menyebutkan huruf dan angka yang ada diposter, bermain puzzel yang berbentuk anak dan huruf, menempelkan kertas bewarna pada angka dan huruf yang disediakan guru, dan belajar untuk menulis. (2) hambatan yang ditemui guru diantaranya kemampuan anak yang berbeda-beda dalam menerima pembelajaran yang diberikan guru, anak yang kurang fokus saat melakukan kegiatan pembelajaran, dan kurangnya peran orang tua dalam mengulang pembelajaran yang sudah diberikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: strategi guru; keaksaraan awal; anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:44
Last Modified: 03 Jul 2023 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum