PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

Resma Puspitasari, NIM.: 16600030 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT)
16600030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT)
16600030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan prosedur pengembangan menurut Rickey and Klein yaitu PPE (Planning, Production, and Evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) untuk memfasilitasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) peserta didik SMK pada materi fungsi kuadrat yang valid dan praktis. Instrumen pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah lembar kelayakan produk LKPD serta lembar skala respon peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian instrumen kelayakan produk oleh ahli materi dan media, serta pengisian skala respon oleh peserta didik SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Analisis data penelitian ini yaitu analisis validitas dan analisis praktibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika berbasis MEA untuk memfasilitasi HOTS materi fungsi kuadrat ini telah memenuhi kriteria ketercapaian valid dan praktis. Kevalidan kualitas kelayakan LKPD berdasarkan penilaian ahli materi dan media diperoleh hasil presentase sebesar 86,36% dengan kriteria kevalidan Sangat Valid. Kepraktisan penggunaan LKPD berdasarkan respon peserta didik terhadap LKPD matematika diperoleh respon Positif dengan nilai rata-rata sebesar 88 dari skor maksimal 120 dengan presentase keidealan 73,33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Matematika dengan model pembelajaran MEA ini telah valid dan praktis untuk memfasilitasi HOTS pada materi fungsi kuadrat dan sudah dapat layak diujicobakan untuk mencari keefektifan pada penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Means-Ends Analysis (MEA); Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:56
Last Modified: 03 Jul 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum