PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFALISITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTS PADA MATERI LINGKARAN

Meliana Fitriyani, NIM.: 16600031 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFALISITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTS PADA MATERI LINGKARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFALISITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTS PADA MATERI LINGKARAN)
16600031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFALISITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTS PADA MATERI LINGKARAN)
16600031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP/MTs pada materi lingkaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian kualitas modul dengan mengggunakan lembar penilaian modul dan lembar angket respon pengguna modul yang diperlukan dalam kegiatan validasi dan uji coba terbatas. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis validitas dan analisis kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil penilaian modul dari validator ahli baik ahli materi maupun ahli media menunjukkan bahwa kualitas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan persentase skor rata-rata sebesar 78,28%, yang diperoleh dari skor validasi ahli materi sebesar 74,19% dan skor validasi ahli media sebesar 82,36%; (2) dan berdasarkan hasil respon pengguna modul baik peserta didik maupun guru menunjukkan bahwa kualitas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata sebesar 3,36. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat memenuhi tujuan penelitian karena modul yang dikembangkan dalam kategori valid dan praktis. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP/MTs pada materi lingkaran yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran matematika; pendekatan saintifik; kemampuan berpikir kritis matematis; lingkaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Jul 2023 13:56
Last Modified: 03 Jul 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum