PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT (JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM)

Nur Maulidatil Hasanah, NIM.: 16600078 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT (JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT (JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM))
16600078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT (JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM))
16600078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat khususnya di sub bab jajargenjang dan trapesium yang memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan PPE Richey and Klein yang memiliki tiga tahapan yakni Planning (Perencanaan), Production (Produksi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian kualitas LKS dan lembar soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid dan efektif. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC termasuk dalam kriteria sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 135,67 pada penilaian materi dan rata-rata 62,67 pada penilaian media. Efektif berdasarkan hasil posttest kemampuan pemecahan masalah siswa karena dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dilihat dari 87,5% dari siswa yang mengerjakan soal posttest tuntas dengan nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum Kompetensi Dasar (KKM KD) pada materi segiempat. Oleh karena itu, LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat (jajargenjang dan trapesium) layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); CIRC; kemampuan pemecahan masalah; jajargenjang; trapesium
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:58
Last Modified: 04 Jul 2023 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum