PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTOS DI SUNGAI MERAWU DESA GIRITIRTA BANJARNEGARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Zaidatu Rohmah, NIM.: 17106080021 (2023) PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTOS DI SUNGAI MERAWU DESA GIRITIRTA BANJARNEGARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTOS DI SUNGAI MERAWU DESA GIRITIRTA BANJARNEGARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN)
17106080021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTOS DI SUNGAI MERAWU DESA GIRITIRTA BANJARNEGARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN)
17106080021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan bertujuan untuk: (1) Mengetahui keanekaragaman makrozoobentos di Sungai Merawu Desa Giritirta Banjarnegara (2) Mengetahui kualitas E-booklet sebagai media pembelajaran keanekaragaman makrozoobentos di Sungai Merawu Desa Giritirta Banjarnegara. Penelitian keanekaragaman makrozoobentos terdiri dari tiga stasiun pengamatan pada tanggal 2 bulan September 2022. Pemilihan stasiun pengamatan secara terpilih yaitu berdasarkan pertimbangan terwakili keadaan perairan. Jenis penelitian ini adalah penelitian (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 2 guru biologi, dan respon 15 peserta didik. Objek penelitian ini berupa e-booklet. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas e-booklet meliputi angket penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer dan guru biologi, serta respon peserta didik. Hasil penelitian ini berupa (1) Hasil penelitian terdapat sebanyak 42 jumlah spesies dari 12 famili. pada stasiun I nilai Secara keseluruhan rata-rata indeks keanekaragaman yaitu H’=1,28, dapat dikatakan bahwa Sungai Merawu memiliki nilai indeks keanekaragaman yang sedang. (2) Pengembangan e-booklet keanekaragaman makrozoobentos di sungai Merawu desa Giritirta Banjarnegara sebagai media pembelajaran termasuk kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 91% berdasarkan ahli materi, 94,8% ahli media, penilaian oleh guru biologi, 86,8% dan penilaian peer reviewer dengan persentase 95,8% serta hasil respon dari 15 peserta didik terhadap e-booklet dengan persentase sebesar 84%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: E-Booklet Biologi; Media Pembelajaran; Makrozoobentos
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 10:41
Last Modified: 04 Jul 2023 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum