DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IX SMP NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG

Kukuh Pangestu, NIM.: 18104010060 (2023) DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IX SMP NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IX SMP NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG)
18104010060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IX SMP NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG)
18104010060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tentang mulai berkembangnya teknologi digital berupa teknologi gadget. Gadget merupakan alat canggih yang berguna bagi manusia untuk membantu kegiatan sehari-hari, salah satunya pada dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan gadget dalam pembelajaran PAI kelas IX SMP Negeri 1 Muntilan dan (2) Menganalisis dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada siswa dalam pembelajaran PAI kelas IX SMP Negeri 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Muntilan. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Pada analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan gadget pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 1 Muntilan meliputi: a) Secara umum siswa kelas IX SMP Negeri 1 Muntilan telah memahami tentang arti dari penggunaan gadget. b) Pada penerapan penggunaan gadget, terdapat larangan membawa gadget ke sekolah kecuali terdapat rekomendasi dari guru. Bentuk penggunaannya pada pembelajaran PAI sangat bervariasi, gadget dan aplikasi yang digunakan juga bermacam-macam, serta memiliki manfaat untuk mempermudah dalam menjalani pembelajaran PAI walaupun terdapat beberapa kendala seperti susah untuk mencari sinyal. (2) Penggunaan gadget pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Muntilan memiliki dampak positif yang lebih banyak daripada dampak negatif bagi siswa seperti mudah memahami materi pelajaran, menjadi aktif di kelas, lebih kreatif, tidak malas membaca, mudah berhubungan sosial, terhindar dari situs pornografi, dan dapat meningkatkan wawasan ilmu agama Islam. Sedangkan untuk dampak negatifnya seperti menjadi malas membaca, konsentrasi belajar terganggu, mengalami mata minus, dan menjadi lalai untuk melakasanakan shalat fardlu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi.,M.A
Uncontrolled Keywords: penggunaan gadget; dampak positif dan negatif; pembelajaran PAI; Kelas IX SMP Negeri 1 Muntilan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:24
Last Modified: 04 Jul 2023 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum