STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TATA KELOLA DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Elviana Padilah Putri, NIM.: 18104090027 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TATA KELOLA DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TATA KELOLA DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104090027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TATA KELOLA DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104090027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perkembangan zaman yang dinamis sehingga menuntut setiap sekolah untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya strategi dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia agar sekolah mampu meningkatkan kualitas tata kelolanya. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui: 1) latar belakang pengembangan sumber daya manusia di sekolah, 2) strategi pengembangan sumber daya manusia, 3) hasil strategi pengembangan sumber daya manusia terhadap tata kelola sekolah. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala kepegawaian dan humas, wakil kepala sarana dan prasarana, wakil kepala kesiswaan, guru wali kelas, guru pendamping dan staff dapur. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam mencapai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latar belakang SDIT Salsabila 3 Banguntapan melakukan pengembangan sumber daya manusia adalah karena adanya kesadaran dari masing-masing individu mengenai perkembangan zaman yang menuntut setiap individu mampu memahami dan mencermati kompetensi apa saja yang dibutuhkan dalam pencapaian tujuan sehingga dapat mengetahui pengembangan apa yang akan dilakukan guna menunjang peningkatan kompetensi masing-masing individu dan juga adanya visi misi sekolah. 2) strategi pengembangan sumber daya manusia di SDIT Salsabila 3 banguntapan terdiri dari 3 tahapan, yaitu analisis kebutuhan, pelaksanaan program pengembangan dan evaluasi program. 3) Hasilnya ialah meningkatnya keempat prinsip tata kelola yaitu nilai keadilan sekolah, nilai transparansi sekolah, nilai akuntabilitas sekolah dan nilai partisipasi sekolah. Hal ini ditandai dengan pelayanan dan akses pendidikan yang diberikan secara merata kepada guru, murid maupu karyawan, terlibatnya guru dan wali murid dalam pengambilan keputusan serta program kerja dan prestasi yang dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Qowim, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia; tata kelola
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:27
Last Modified: 04 Jul 2023 12:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum