PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

Sherly Liska Putri, NIM.: 18106090007 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA)
18106090007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA)
18106090007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke 21. Salah satu upaya untuk melatih kemampuan pemecahan masalah fisika adalah menerapkan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan Fluida Statis. 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah Fluida Statis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL). Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen (Pre-Experimental Design) dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yakni model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) dan variabel terikat yakni kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Patuk tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Pusposive Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI Fase F1 SMA Negeri 1 Patuk sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar soal Pretest-Postest berbentuk uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan uji N-Gain (Normalized gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pokok bahasan fluida statis dengan taraf signifikansi (Sig. 2-Tailed) = 0,000 < α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pokok bahasan fluida statis dengan hasil N-Gain = 0,73 (Tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Challenge Based Learning (CBL); Fluida Statis; Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:49
Last Modified: 04 Jul 2023 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum