PERAN KADERISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA KOMUNITAS SRIKANDI LINTAS IMAN YOGYAKARTA

Winda Zulfiana, NIM.: 16490043 (2023) PERAN KADERISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA KOMUNITAS SRIKANDI LINTAS IMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KADERISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA KOMUNITAS SRIKANDI LINTAS IMAN YOGYAKARTA)
16490043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KADERISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA KOMUNITAS SRIKANDI LINTAS IMAN YOGYAKARTA)
16490043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap persoalan pentingnya kaderisasi dalam setiap organisasi untuk menjaga eksistensinya. Selain itu setiap organisasi juga dituntut untuk mencetak anggota yang berkualitas yang mampu meneruskan estafet kepemimpinan organisasi tersebut. Maka penting untuk menerapkan sistem kaderisasi yang mampu menjaga anggota dalam nilai-nilai organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran kaderisasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada komunitas Srikandi Lintas Iman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Komunitas Srikandi Lintas Iman Yogyakarta. Subyek dari penelitian ini adalah founding father Srili Yogyakarta, Koordinator Srili periode 2021-2022 dan anggota Srili. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) untuk mengetahui peran kaderisasi di Srikandi Lintas Iman Yogyakarta dapat dilihat dari 3 faktor yang pertama yaitu strategi, dalam hal ini Srili memulai kaderisasi dengan perencanaan yang matang disertai dengan analisis basic demand untuk kemudian diolah menjadi sebuah grand design yang jelas. Kedua yaitu sistem yang diwujudkan dalam agenda rekrutmen, pelatihan dan diskusi-diskusi. Ketiga yaitu sumber daya manusia yang menjadi aset organisasi dan keunggulan kompetitif dengan melakukan pengembangan dan pemeliharaan anggota melalui berbagai kegiatan. (2) Upaya Srikandi Lintas Iman Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggotanya melalui: program pemberdayaan, program pengembangan jaringan dan program kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kaderisasi, SDM, Srikandi Lintas Iman
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:26
Last Modified: 04 Jul 2023 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum