PEMETAAN KESIAPAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

M. Lubab Rofiul Ula, NIM.: 18104080071 (2023) PEMETAAN KESIAPAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMETAAN KESIAPAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18104080071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMETAAN KESIAPAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18104080071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kesiapan mahasiswa terhadap implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan untuk memetakan kesiapan mahasiswa terhadap implementasi program kegiatan pembelajaran yang tertuang dalam kebijakan, yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI). Penelitian ini dirasa penting, karena program besar tersebut, merupakan bentuk upaya alternatif pendidikan Indonesia, seperti yang disampaikan oleh menteri pendidikan Nadiem Makarim. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penelitian mahasiswa aktif program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sedangkan untuk sampel terdiri dari mahasiswa aktif angkatan tahun 2020. Penelitian ini memiliki 2 (dua) variable yaitu Kesiapan Mahasiswa sebagai variabel bebas, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai variable terikat. Data dari sampel diambil melalui penyebaran angket menggunakan skala Gutman. Untuk uji validitas menggunakan teknik correlate dan bivariate. Sedangkan untuk uji realibilitas menggunakan teknik cronbach’s alpha. Selanjutnya untuk uji normalitas menggunakan teknik Kolmogrov Simirnov, uji lineritas menggunakan analisis data Deviation from Linerity dan uji korelasi menggunakan teknik coreelate bivariate dan uji hipotesis menggunakan model regresi sederhana. Adapun untuk hasil penelitian dari pengolahan data yang diperoleh dari responden ialah sebagai berikut. 1) Bahwa kesiapan mahasiswa memiliki pengaruh terhadap implemtasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), hal ini bersandar pada hasil uji hipotesis regresi sederhana dengan hasil nilai 0.04, yang artinya kurang dari nilai r table 0.05, dan nilai korelasi atau hubungan berjumlah 0.256, dan output nilai koefisian determinan (R Square) sebesar 0.66 yang berarti0.66 %. Maka dapat disimpulkan bahwa Variabel Bebas memiliki pengaruh terhadap Variabel Terikat, 2). Dari jumlah total mahasiswa aktif yang berjumlah 65 mahasiswa, hanyaterdapat 1 mahasiswa yang menolak keberadaan MBKM, sedangkan dari pemetaan kesiapan mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran yang termuat dalam MBKM, memiliki jawaban yang variatif, diantaranya : 1). Magang berjumlah 22 mahasiswa, 2). Pertukaran Pelajar berjumlah 15 mahasiswa, 3). Kuliah Kerja Nyata Tematik Tematik berjumlah 12 mahasiswa, 4). Kewirausahaan berjumlah 6 mahasiswa, 5). Proyek Kemanusiaan berjumlah 7 mahasiswa, 6). Penelitian dan Riset berjumlah 1 mahasiswa, 7). Asistensi berjumlah 1 mahasiswa, 8). Studi Independen berjumlah 1 mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd,Si
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Mahasiswa, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 10:52
Last Modified: 04 Jul 2023 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum