PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERINTEGRASI NILAI ISLAM SISWA KELAS X SMA

Hasan Syaifulloh, NIM.: 18106080018 (2023) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERINTEGRASI NILAI ISLAM SISWA KELAS X SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERINTEGRASI NILAI ISLAM SISWA KELAS X SMA)
18106080018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERINTEGRASI NILAI ISLAM SISWA KELAS X SMA)
18106080018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui pengembangan mobile learning berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi nilai Islam siswa kelas X di SMA Insan Mulia Boarding School, 2) mengetahui kualitas mobile learning berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi nilai Islam siswa kelas X di SMA Insan Mulia Boarding School. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi hanya sampai tahap Develop. Mobile learning dinilai menggunakan instrumen berupa lembar angket, yaitu angket penilaian ahli, peer reviewer, guru biologi, dan respon siswa. Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 siswa kelas XII MIA SMA Insan Mulia Boarding School Yogyakarta, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu berupa mobile learning berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi nilai Islam siswa kelas X SMA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa 1) pengembangan produk mobile learning berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi nilai Islam siswa kelas X SMA, 2) kualitas produk mobile learning berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi nilai Islam siswa kelas X SMA secara keseluruhan memiliki kualitas sangat baik (SB) berdasarkan validasi dari reviewer persentase keidealan masing-masing sebesar 78% dari ahli media, 85% dari ahli materi, 86% dari peer reviewer dan 90% dari guru biologi, sedangkan respon siswa pada saat dilakukan uji coba terbatas yaitu sebesar 88% dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian, maka mobile learning berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi nilai Islam siswa kelas X SMA memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Media Pembelajaran, Android, Pencemaran Lingkungan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 10:57
Last Modified: 04 Jul 2023 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59464

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum