PENGARUH UJIAN SIMAAN TERMINALAN TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR´AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK MADRASAH HUFFADH 2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2023

Wildan Fahmi Ma´ruf, NIM.: 19104010071 (2023) PENGARUH UJIAN SIMAAN TERMINALAN TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR´AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK MADRASAH HUFFADH 2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH UJIAN SIMAAN TERMINALAN TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR´AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK MADRASAH HUFFADH 2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19104010071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH UJIAN SIMAAN TERMINALAN TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR´AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK MADRASAH HUFFADH 2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19104010071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat kasus dimana ada santri yang yang fokus menambah jumlah hafalan Al-Qur´an tanpa dibarengi dengan mengulang-ulang hafalannya, sehingga ayat yang sudah dimiliki sering tertukar dengan ayat yang lain atau bahkan juga hilang. Selain itu tidak sedikit penghafal yang sudah selesai menghafal atau khatam menyetorkan seluruh Al-Qur´an namun ternyata kualitas hafalanya tidak baik, tidak bisa disimak, bahkan merasa hafalannya hilang dan tidak mutqin. Padahal kewajiban seorang penghafal adalah menghafalkan ayat-ayat Al-Qur'an sekaligus menjaga hafalan tersebut. Pondok pesantren Al-Munawwir memiliki sebuah program yaitu ujian simaan terminalan yang diterapkan agar santri memiliki hafalan Al-Qur´an yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ujian simaan terminalan terhadap kualitas hafalan Al-Qur´an santri di pondok pesantren Al- Munawwir komplek Madrasah Huffadh 2 Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Angket diberikan kepada 35 santri dengan 21 item pertanyaan untuk variabel X dan 10 pertanyaan untuk variabel Y-nya. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara ujian siman terminalan terhadap kualitas hafalan Al-Qur´an santri Pondok Pesantren Al- Munawwir Komplek Madrasah Huffadh 2. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dengan rumus korelasi Product Moment yang berhasil dikumpulkan , dalam penelitian ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,497 dan nilai signifikan yaitu 0,002, karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka menunjukkan pengaruh yang signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Soleh, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Ujian Simaan Terminalan, Hafalan Al-Qur'an, Santri
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:01
Last Modified: 04 Jul 2023 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum