PROBLEMATIKA STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN 2023

Anisy Rahmawati, NIM.: 19104010086 (2023) PROBLEMATIKA STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19104010086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19104010086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam strategi pembelajaran PAI pada siswa Kelas VI di SLBN 1 Yogyakarta, yaitu keterbatasan siswa sendiri, kemudian siswa mudah bosan dan tidak mood atau kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Permasalahan pada guru yaitu, penggunaan media yang monoton dan kurang menarik minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran, sehingga siswa mudah bosan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika dan pola penanganan belajar/mengajar dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam pada peserta didik disabilitas intelektual di SLBN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah: Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik disabilitas intelektual di SLBN 1 Yogyakarta yaitu dimulai dengan berdoa bersama, dilanjutkan dengan ice breaking yang membuat peserta didik bersemangat, problematika yang terjadi pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peserta didik disabilitas intelektual yakni, 1) Problem dari siswa sendiri yaitu mudah bosan dan tidak mood saat pembelajaran. 2) Guru menggunakan media yang monoton dan kurang menarik minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran, sehingga siswa mudah bosan. Penanganan pembelajaran untuk mengatasi problematika Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah penggunaan metode dan media pembelajaran harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh siswa. Seperti memilih media pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa agar siswa tidak mudah bosan, kemudian tidak menggunakan media yang itu-itu saja. Bisa ditambah dengan media lainnya, serta media tidak hanya satu saja..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Soleh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Penyandang Disabilitas Intelektual
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:03
Last Modified: 04 Jul 2023 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum