PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH BAB SHALAT FARDHU BAGI SISWA PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2020/2021

Layina Nur Kholipah, NIM.: 19104010093 (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH BAB SHALAT FARDHU BAGI SISWA PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH BAB SHALAT FARDHU BAGI SISWA PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2020/2021)
19104010093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH BAB SHALAT FARDHU BAGI SISWA PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2020/2021)
19104010093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu pada siswa penyandang disabilitas sensorik netra. Adanya keterbatasan dalam alat indera memungkinkan siswa penyandang disabilitas sensorik netra mengalami berbagai kendala dalam memahami materi tentang shalat fardhu. Oleh karena itu perlu digali apa saja yang menjadi masalah bagi siswa penyandang disabilitas sensorik netra dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu serta bagaimana solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fikih bab shalat fardhu bagi siswa penyandang disabilitas sensorik netra di MAN 2 Sleman, 2) mengetahui apa saja problematika yang terjadi pada siswa penyandang disabilitas sensorik netra dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu di MAN 2 Sleman, 3) mengetahui bagaimana solusi guru Fikih mengatasi problematika yang terjadi pada siswa penyandang disabilitas sensorik netra dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu di MAN 2 Sleman Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, serta menggunakan beberapa cara untuk mengumpulkan data, yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah enam siswa penyandang disabilitas sensorik netra, satu guru Fikih, satu guru koordinator ULD, waka kurikulum serta kepala madrasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu dan praktek shalat bagi siswa penyandang disabilitas sensorik netra. Permasalahan dalam pembelajaran banyak disebabkan oleh kurang matangnya perencanaan pembelajaran serta kondisi pandemi covid-19 yang memaksa pembelajaran dilakukan secara daring. Disamping itu permasalahan dalam praktek shalat disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa tentang gerakan shalat serta kurangnya fasilitas umum bagi penyandang disabilitas sensorik netra di masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penyandang Disabilitas Sensorik Netra, Fikih, Shalat Fardhu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:05
Last Modified: 04 Jul 2023 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum