MEMAHAMI TAJWID MELALUI APLIKASI TIKTOK (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK KELAS V, SD NEGERI 1 GODEGAN, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA)

Nita Suryantiwi, NIM.: 19104010108 (2023) MEMAHAMI TAJWID MELALUI APLIKASI TIKTOK (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK KELAS V, SD NEGERI 1 GODEGAN, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEMAHAMI TAJWID MELALUI APLIKASI TIKTOK (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK KELAS V, SD NEGERI 1 GODEGAN, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
19104010108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MEMAHAMI TAJWID MELALUI APLIKASI TIKTOK (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK KELAS V, SD NEGERI 1 GODEGAN, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
19104010108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatknya penggunaan TikTok pada peserta didik sehingga diperlukan peran guru dalam memaksimalkan TikTok sebagai media pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan TikTok dalam menguatkan materi tajwid pada peserta didik. Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak jauh dari ayat-ayat Al-Qur’an, hukum tajwid yang ada di dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan lain sebagainya. Pelajaran cara membaca Al-Qur’an di sekolah-sekolah formal sebagian besar tidak diberikan jam khusus. Bahkan kurikulum yang berlaku, menyatukan pelajaran ilmu tajwid dalam satu mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI). Ilmu tajwid hanya diselipkan menjadi sub bab di tiap pokok bahasan bab yang ada di mata pelajaran PAI. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media digital dan pemanfaatan aplikasi TikTok dalam pembelajaran PAI untuk penguatan materi tajwid peserta didik kelas V SD Negeri 1 Godegan Srandakan Bantul Yogyakarta. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ada tiga tahapan upaya guru mengajarkan media digital dalam pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Respon Peserta Didik dalam Pembelajaran Tajwid Melalui Tiktok 1) Aplikasi TikTok bermanfaat dalam menumbuhkan nilai kreativitas yang ditampilkan dalam video-video pendek terkait materi tajwid alif lam ( ال ) dan mim mati ( 2 .( مْ ) Peserta didik menyadari hukum bacaan alif lam ( ال ) atau mim mati ( مْ ) yang salah. 3) Peserta didik mudah dalam membedakan hukum bacaan alif lam ( ال ) dan mim mati ( مْ ) dalam membaca Q.S Surat Al-Ma’un. 4) Aplikasi TikTok dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Aplikasi TikTok, Media Pembelajaran, Ilmu Tajwid
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:10
Last Modified: 04 Jul 2023 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum